Berinternet Sehat Dengan Pikiran dan Hati Yang Sehat

15 Oct 2010

Bila memiliki pikiran dan hati yang sehat, maka kita akan dapat secara hati-hati dan bijak menjelajahi dunia maya yang penuh jebakan!

*

Siapa yang dapat memungkiri, bahwa saat ini adalah jamannya dunia internet?
Sebuah teknologi yang kemudian melahirkan sebuah dunia baru yang bernama dunia maya atau dunia virtual.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih serta mobilitas hidup manusia modern yang tinggi, maka dunia maya adalah menjadi dunia yang praktis dan nyaman.
Segala kemudahan bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan jaringan internet yang saat ini begitu gampang untuk kita dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.
Dengan internet dunia seakan tanpa batas. Segalanya terasa begitu dekat.
Dunia sepertinya ada dalam genggaman saja.

Kita bisa saling berhubungan satu sama lain di belahan dunia manapun.
Begitu mudahnya untuk memperoleh informasi dengan hanya duduk didepan layar komputer, laptop, atau hanya dengan sebuah hp harga ratusan rupiah saja.
Bahkan saat kita diam dalam wcpun bisa mengikuti perkembangan dunia.
Sangat luar biasa bukan?

Selain itu tentu saja masih banyak manfaat yang sangat berguna bagi umat manusia dengan adanya internet.
Mau memasarkan produk tertentu atau mau membeli produk tertentu yang kita butuhkan, bisa dilakukan di dunia maya.

Dengan adanya internet, apapun bisa kita lakukan. Khususnya untuk dunia tulis- menulis. Begitu mudahnya kita menciptakan dunia sendiri dengan menulis. Entah berapa juta manusia bisa menggunakan jasa internet untuk mengasah kepandaiannya menulis dengan menciptakan sebuah blog saja.
Segala ide dan inspirasi bisa dituangkan untuk dibaca oleh siapapun dan dimanapun berada.

Tetapi tak dapat kita pungkiri juga, bahwa dengan kemajuan teknologi adalah ibarat pisau bermata ganda. Bisa bermanfaat positif dan juga negatif.
Bagi sebagian orang kemajuan teknologi juga sangatlah menakutkan. Sebab banyak juga hal-hal negatif yang bisa dilakukan di dunia maya yang bebas tanpa batas ini.

Dimana sering dimanfaatkan untuk memprovokasi, mengadu domba, menyebarkan kebencian, menyebarkan kemaksiatan, dan juga untuk penipuan serta kejahatan.
Berapa banyak anak-anak dan bahkan orang dewasa yang harus terjerumus didalam dunia maya.

Seperti kita ketahui, situs-situs porno dan games online sangat banyak terdapat di dunia maya. Gampang diakses dan membuat ketagihan.
Merusak dan membius pemikiran para generasi muda.

Memang sulit kita untuk menangani dan membatasi hal ini.
Tetapi sebagai manusia yang memiliki akal budi dan bermartabat seharusnya kita juga bijak dalam memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kebaikan.
Tidak sebebas-bebasnya menggunakannya untuk apa saja yang kita mau.

Memang sudah saatnya kita menggalakkan untuk berinternet sehat dengan semboyan : DENGAN PIKIRAN DAN HATI YANG SEHAT, KITA BERINTERNET!
Sebagai orangtua atau guru kita harus menjadi contoh dan memberikan motivasi pada anak dan murid. Bukan dengan melarang atau mengekang penggunaan internet. Karena hal itu pada akhirnya justru akan menimbulkan efek negatif dan rasa penasaran.

Penanaman dan pengajaran tentang akhlak dan budi pekerti, menurut adalah cara paling aman untuk menuju kepada berinternet dengan sehat.
Bila seseorang sudah berakhlak dan berbudi pekerti, maka akan dengan hati-hati dan bijak bila memasuki dunia maya.

Dengan pikiran dan hati yang sehat dalam menjelajahi dunia maya, saya percaya kita akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa dan menjadikan kita manusia yang hebat dalam kemajuan jaman ini.

Pada akhirnya, bisa berinternet dengan sehat dan aman semua kembali kepada pikiran dan hati kita masing-masing!

Selamat berinternet sehat , untuk generasi yang sehat!


TAGS


-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post