Apakah Anda Lebih Senang Dipuji atau Dikritik???

12 May 2011

Saya senang dipuji, tetapi akan lebih senang lagi bila ada yang mau memberikan kritik!

**
Siapakah makhluk yang bernama yang tidak suka dipuji?
Pada dasarnya semua manusia suka diberikan perhatian dan pujian. Hanya orang yang benar-benar bijak dan mencapai kesucian yang tidak terpengaruh oleh pujian lagi.

Kita pasti akan merasa senang dan bahagia bila ada yang memberikan pujian. Terlepas pujian itu sekadar basa-basi atau benar-benar murni sebuah ketulusan dan penghargaan.

Ketika kita melakukan sebuah kebaikan setidaknya pasti kita sangat berharap akan mendapatkan sebuah pujian. Secara alami hal itu bisa terjadi. Walaupun sebenarnya kita tidak mengharapkan pujian tetapi ketika ada yang memberikannya atas kebaikan yang kita lakukan, minimal pasti hati akan berbunga-bunga juga.

Merasa senang atas sebuah pujian adalah hal yang wajar, karena sebuah pujian dapat memberikan energi lebih bagi kita. Begitu pentingnya sebuah pujian, sehingga tak jarang bahkan kita sengaja melakukan suatu hal demi mengharapkan pujian dari orang lain. Tak heran ada julukan Gila pujian.

Berhati-hatilah bila kita selalu berharap mendapat pujian atas apa yang kita lakukan, karena itu dapat menjadi candu, akibatnya ketagihan pujian.

Berbeda dengan yang namanya kritikan, berbanding terbalik dengan pujian, karena hampir semua orang sangat tidak mengharapkannya. Karena kritikan begitu menakutkan dan seakan hal itu membuka sisi buruk dari diri kita.

Padahal bila kita memahami makna dari sebuah kritikan bertujuan untuk kebaikan dan perbaikan. Dalam hal ini tentu saja kritikan yang proposional.

Bila kita bisa menyikapi sebuah kritikan dengan lapang dada atau hati yang terbuka, terlepas kritikan itu benar atau salah, tepat atau tidak, maka sebenarnya sebuah kritikan bisa menjadi pendorong kemajuan yang sangat luar biasa.

Ada kritikan berarti menandakan ada sesuatu yang salah atau adanya keinginan orang lain agar kita bisa lebih baik lagi.
Kritikan yang tulus melebihi sebuah pujian yang tulus sekalipun.

Sebuah kritikan dapat menjadi pelecut yang sangat luar biasa untuk menggali potensi dan kemampuan dari dalam diri.
Karena kritikan dapat menjadikan diri kita lebih baik dan terhindar dari kesalahan.

Menurut saya, pujian memang penting bagi kita, tetapi sebuah kritikan akan menjadi lebih penting lagi.
Tetapi semua kembali kepada pilihan kita masing-masing. Tetap membuka diri terhadap semua pujian dan melindungi diri dari kritikan.
Atau selalu menerima pujian dan terbuka juga terhadap kritikan.

Silakan menentukan pilihan!


TAGS


Comment
-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post