Kalau Tak Mampu, Tak Usah Sekolah

28 May 2011

Pendidikan memang penting, tetapi meraih pendidikan kita butuh tidak ssedikit biaya dan itu terkadang yang menjadi masalah.

Tidak biasanya, menjelang semester kenaikan kelas Maminya Si Dede diliputi wajah yang murung. Padahal biasanya menjelang semester, Maminya selalu bersemangat mengajari Si Dede yang masih SD ini.

Semua ini, gara-gara ancaman pihak sekolah yang apabila dalam waktu yang ditentukan, orangtua belum bisa melunasi SPP, maka Si Dede tidak diperkenankan mengikuti proses belajar.

Sebagai orangtua tentu merasa sangat sedih dan menahan perih menerima kenyataan ini. Tetapi apa boleh buat, ini memang ketentuan sekolah dan sebagai orangtua tidak bisa menyalahkan pihak sekolah. Karena proses belajar atau mengajar membutuhkan biaya dari orangtua para murid.

Ibarat kata, pihak sekolah tidak memaksa orangtua memasukan anaknya bersekolah di sekolah tersebut. Kalau memang tak mampu tak usah sekolah. Beres, kan???!

Menghadapi kenyataan ini, saya berbicara dari hati ke hati dengan Si Dede.
Dede, sebenarnya Papi sedih gak bisa memberikan yang terbaik buat Dede. Tapi kalau sampai Dede diusir gak boleh sekolah lagi, gak apa-apa ya?! Dede berhenti dulu!

Dengan polosnya Si Dede menanggapi,Dede berhenti selamanya, Pi?

Gak, De! Cuma tahun ini aja, Papi janji tahun depan pasti Dede sekolah lagi! Kita pasti berhasil. Dede gak perlu sedih ya..! Kita gak perlu mengemis sama orang, karena Tuhan pasti bantu kita! Dede harus percaya ya?! Saya berusaha menguatkan diri dan Si Dede.

Ya, udah. Papi sabar dan berusaha. Dede sabar kok, Pi! Dede masih bisa belajar sendiri dan diajari Mami. Melihat tampang Si Dede yang polos, rasanya tak tega menatapnya terus.

Tak perlu menyesali atau menyalahkan siapapun juga. Apa yang terjadi adalah proses kehidupan dan harus dihadapi dengan kuat hati. Percaya pada Ilahi yang akan memberkati.

Tak mengapa, hari ini kehilangan kesempatan, karena esok pasti ada harapan untuk diraih!

Bersekolah bagi anak-anak adalah penting, tetapi karena ketidakmampuan banyak anak-anak yang harus memendam keinginannya untuk bersekolah. Untung, kakaknya Si Dede sudah menikmati kelas satu SMU sampai saat ini.

Menurut saya, tak ada yang perlu disesali apapun yang terjadi dalam hidup ini..


TAGS


-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post