Kata Rakyat: Jakarta Banjir Terus dan Mendatangkan Banyak Kesusahan. Pejabat Berkata: Siapa Bilang Jakarta Terus Banjir? Yang Benar Itu, Hanyalah Genangan Air Sementara

9 Nov 2011

Kata Arswendo Atmowiloto, banjir itu hanya untuk rakyat kecil saja. Dampak buruknya lebih dirasakan oleh rakyat. Banjir bagi rakyat adalah kesusahan dan penderitaan. Itu adalah bencana.

Masalah banjir sebenarnya bukan hanya semata-mata karena sampah. Tapi lebih banyak dipengaruhi pengelola tatakota atau lingkungan.

Pembangunan yang tidak terencana baik. Masalah AMDAL (analisis mengenal dampak lingkungan) tidak menjadi perhatian serius.

Pembangunan gedung-gedung beton yang tidak sesuai amdal pun bisa terus berjalan lancar. Tak lain karena ada uang pelicinnya. Ini adalah isu yang kita ketahui.

Tak heran kalau Arswendo melontarkan lelucon. Bahwa Jakarta itu pernah pernah banjir menurut versi pejabat. Yang ada dan benar itu adalah istilahnya genangan air sementara. Hanya genangan air sementara karena hujan.

Jadi tidak perlu dibesar-besarkan. Ini hanya masalah pengaruh alam saja. Cuma setahun sekali saja. Lagian juga bisa mendatangkan berkah bagian sebagian orang.

Kalau acara genangan air sementara. Bukankah para pejabat bisa lebih sibuk mencari muka. Lebih sibuk diwawancara. Lebih banyak proyek yang bisa digarap. Bisa jadi berkah untuk mendapat dana segar.

Nasehat yang harus diterima rakyat adalah bahwa dibalik setiap bencana pasti ada maknanya. Lebih membuat bersabar dan menerima keadaan. Karena itu biar banjirpun harus tetap bersyukur.

Kalau untuk pejabat tidak perlu nasehat. Karena sudah pintar. Mungkin juga sudah bisa menasehati dirinya dengan berkata,”Genangan air memang mendatangkan berkah. Saya harus memanfaatkan keadaan ini sebaik-baiknya. Kesempatan baik ini tidak boleh disia-siakan!”

Mungkin ada yang protes seperti ini,”Yang benar saja ada pejabat seperti itu. Anda pasti ngawur itu!”

Sepertinya itu akan terjadi kalau pejabatnya itu adalah saya. Untungnya sekarang saya belum jadi pejabat. Doakan deh jangan sampai saya jadi pejabat. Pasti bakal menyusahkan rakyat!


TAGS


-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post