Pentingkah Menentukan Judul Sebuah Tulisan?

3 Nov 2012

Pentingkah bagi Anda untuk menentukan sebuah judul sebelum menulis?

Mungkin ada yang menjawab sangat penting. Bisa jadi ada yang akan bilang masa’ bodoh! Sah-sah saja.

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan dalam hal ini. Ada menulis dulu baru kemudian mencantumkan judul pada tulisannya. Tidak masalah.

Ada juga yang harus menentukan judulnya, baru kemudian menulis. Lebih-lebih enak dan nyaman alasannya. Boleh-boleh saja.

Pada akhirnya yang penting tulisannya selesai. Bisa dibaca. Benarkah demikian?

Selamat ini saya menerapkan kedua cara tersebut di atas. Tetapi memang lebih banyak menulis dengan cara mencantumkan judul terlebih dahulu.

Berdasarkan pengalaman selama ini saya merasakan, bahwa menulis dengan adanya judul tercantum memang lebih nyaman dan enak dalam menyelesaikan sebuah tulisan.

Sementara itu bila tanpa menyertakan judul lebih dulu, adakalanya membuat bingung dan kehilangan arah dalam menyelesaikan tulisan.

Mengapa?

Sebuah judul itu bagi saya ibarat tujuan ketika hendak bepergian. Dengan menentukan sebuah tujuan sebelum pergi tentu membuat kita punya arah dan rencana untuk mencapainya.

Bandingkan ketika kita hendak pergi tapi tidak ada tujuan. Bisa-bisa kebingungan di jalan. Membuang waktu dan energi untuk sebuah kebingungan.

Walaupun saya tidak menolak bahwa menulis adalah kebebasan berekspresi tanpa perlu dikekang oleh yang bernama judul itu.

Ya… Silahkan saja kalau menulis itu demi kenikmatan sendiri. Demi memuaskan kebebasan berekspresi. Tapi jangan sampai melahirkan kebingungan bagi yang membacanya.

Kita boleh-boleh saja bebas menulis. Tetapi perlu ada tujuan. Yang ingin disampaikan dan bertanggung jawab dengan apa yang dituliskan.

Kita menulis adalah untuk memberikan manfaat dan ilmu, sehingga diharapkan apa yang kita tulis dapat dimengerti yang membacanya.

Dengan menetapkan judul terlebih dahulu akan membuat kita lebih fokus dalam menulis. Tidak membuat arah tulisan melenceng dari tujuan yang hendak kita capai.

Jadi kesimpulannya. Menentukan judul tulisan terlebih dahulu adalah penting. Karenanya dengan adanya judul akan membuat kita lebih berkomitmen menulis sesuai tujuan yang hendak kita sampaikan.

Namun yang lebih penting lagi adalah apa manfaat yang dapat kita bagikan dari tulisan. Tersebut. Tentu hal ini lebih menjadi prioritas bagi kita.


TAGS


Comment
-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post