Bervegetarian dengan Nikmat dan Nyaman

17 Jul 2013

Selama sekitar 14 tahun hidup sebagai pelaku vegetarian atau tepatnya lacto ovo vegetarian. Karena masih mengkonsumsi telur dan susu. Semua saya lakoni dengan nikmat dan nyaman.

Gambaran orang tentang hidup bervegetarian itu merepotkan dan akan kekurangan gizi sama sekali tidak pernah saya alami.

Ada juga yang mengatakan bervegetarian itu akan mempengaruhi kecerdasan. Tapi nyata di lingkungan saya banyak anak-anak yang bervegetarian malah cerdas-cerdas.

Dengan tidak mengkonsumsi produksi hewani justru terasa lebih nyaman dan nikmat. Tiada beban. Karena masih tetap bisa menikmati kelezatan menu vegetarian setiap harinya.

Walau banyak tantangan dan cibiran awalnya, tetap membuat saya nyaman dan mantap untuk hidup dengan pilihan sebagai seorang vegetaris.

Selama sekitar 14 tahun bervegetarian dengan lingkungan kerja yang lebih banyak di lapangan dan tinggal di dalam perusahaan. Tidak pernah membuat saya kesulitan dengan hal yang berhubungan makanan.

Buktinya saya tetap bisa makan kenyang dan nikmat menjalani.

Bagi teman-teman yang tertarik ingin mulai hidup bervegetarian, cobalah singkirkan dahulu ketakutan akan tidak bisa makan enak dan akan kekurangan gizi. Karena saya sendiri adalah sebagai bukti dan juga banyak teman-teman vegetaris lainnya.

Berikut ini sedikit saya ceritakan pengalaman saya memutuskan menjadi seorang vegetaris secara penuh pada pertengahan 2008.

Sebelumnya saya belajar menyesuaikan diri. Tidak secara langsung. Awalnya dengan tetap menyantapkan masakan non vegetarian tapi khusus untuk hewani yang tercampur saya sisikan.

Setelah sudah terbiasa tidak menikmati daging atau ikan sekian lama. Barulah benar-benar makan hidangan yang dimasak secara khusus. Tanpa tercampur lagi dengan produk hewani. Termasuk bawang merah dan bawang putih. Lama-kelamaan jadi terbiasa dengan sendirinya.

Ketika bekerja sebagai sales dan untuk menghindari kesulitan makan di luar, setiap hari saya selalu membawa makanan dari rumah masakan istri tercinta. Ini juga menjamin kebersihan dan menu yang sehat dibandingkan dengan makan di luar.

Adakalanya kalau tidak sempat membawa dari rumah sebagai gantinya cukup makan gado-gado atau ketoprak. Kadang-kadang mampir di rumah makan vegetarian.

Karena sekarang sudah mulai banyak rumah makan vegetarian khususnya di Jakarta Barat dan daerah Tangerang. Dengan demikian di waktu tertentu bisa menikmati menu vegetarian secara khusus.

Jadi bagi kita yang menyadari ingin hidup sehat secara jasmani dan rohani, pilihan menjadi vegetaris adalah tepat. Kapan lagi kalau tidak dimulai dari sekarang?

Banyak juga tokoh dunia atau selebritis yang menjadi vegetaris dan hidup dengan nyaman. Ada Einstein, plato, Leonardo Da Vinci, Socrates, Phytagoras, Mahatma Gandhi dan Sir Isacc Newton.

Dari kalangan selebritis dunia ada Demi Moore, Tobe Maguire, Paul McCartney. Sementara dari kalangan atlit ada Carl Lewis dan Mike Tyson.


TAGS


-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post