Ternyata Jokowi Banyak Salahnya

11 Aug 2013

13760580252074900420

blusukan Jokowi saat Lebaran@beritajakarta.com

Jarang-jarang pernah dengar ada pemimpin yang berani mengaku banyak salah dan mau minta maaf kepada rakyat selama ini. Tetapi Joko Widodo alias Jokowi, Gubernur Jakarta saat ini berani mengeluarkan pernyataan ini, seperti yang dikutip Liputan6.com, Kamis, 8 Agustus 2013:

“Karena apapun, pemimpin itu banyak salahnya. Banyak kekeliruannya. Mungkin dalam buat kebijakan, memutuskan sesuatu. Sehingga perlu pemimpin minta maaf pada rakyatnya. Penting. Bukan rakyatnya yang ke kita.”


Kalau mau jujur harus diakui Jokowi memang berbeda dengan kebanyakan pemimpin di negeri kita. Seperti saat Lebaran ini, biasanya pemimpin akan open house untuk saling maaf-maafan.

Dimana rakyat yang mendatangi pemimpinnya. Jokowi malahan menyambangi warganya untuk meminta maaf. Langkah yang tidak terduga.

Jokowi memang punya branding sendiri. Yang jelas semakin bikin iri pemimpin lainnya. Karena publik semakin bersimpati.Elektabilitasnya akan semakin tinggi.

Kalau pejabat lain melakukan hal yang sama, bakalan dicap meniru Jokowi. Tentu gengsi. Jadi yang bisa dilakukan gigit jari. Padahal untuk hal yang baik apa salahnya mengikuti?

Sejatinya sebagai pemimpin memang perlu memiliki karakter tersendiri. Bukan dibuat-buat. Karena kalau demikian akan tak dapat bertahan lama. Akan ketahuan aslinya.

Seperti yang selama ini terjadi. Kelihatan baik dan alim hanya kalau ada maunya. Saat menjelang kampanye biasanya pencitraan akan marak.

Sebagai pemimpin harus berani mengambil risiko dengan mengambil keputusan. Untuk itu tentu tidak akan dapat menyenangkan semua orang. Jadi dalam hal ini pasti akan ada yang dikecewakan.

Itulah sebabnya Jokowi mengatakan bahwa pemimpin itu banyak salahnya. Ini adalah risiko menjadi seorang pemimpin. Mempunyai tanggung jawab berat dan berisiko.

Apa yang dikatakan Jokowi tentu menyentil banyak pemimpin kita yang seakan tidak perlu merasa bersalah dengan kepemimpinannya. Kebanyakan akan merasa baik-baik saja apapun hasil dari kepemimpinanya.


TAGS


Comment
  • ciekangso 4 years ago

    Lebih lengkap ttg Jokowi, bacalah buku “Jokowi” oleh Alberthiene Endah

  • jaket kulit 4 years ago

    mudahan mudahan pak jokowi senantiasa dilindungi oleh TUHAN agar dapat tahan ujian

-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post