Omong Kosong Rakyat Butuh Beli Mobil walaupun Murah

18 Sep 2013

Berhari-hari saya tidak bisa tidur nyenyak oleh perkataan seorang menteri yang jelas lebih pintar dari saya. Tapi yang bikin saya tak habis pikir adalah menteri yang katanya pintar itu tak berpikir dengan pernyataannya itu.

Sampai saya berpikir, jangan-jangan itu menteri ketika berkata tak pakai pikir lagi. Karena tujuannya bukan untuk membuat orang berpikir. Tapi tujuannya cuma untuk menyindir atau cari simpati.

Coba simak perkataan Menteri Perindustrian kita, MS Hidayat beberapa waktu yang lalu yang saya cuplik dari salah satu situs media online, Kasih tahu Pak Jokowi, ini juga ditujukan kepada rakyat yang berpenghasilan kecil dan menengah, rakyat yang mencintai dia juga. Harus diberikan kesempatan kepada rakyat kecil yang mencintai Pak Jokowi untuk bisa membeli mobil murah.

Kenapa harus spesial ditujukan ke Jokowi? Apakah karena ketidak-setujuan Jokowi dengan akan diluncurkannya mobil murah oleh pemerintah? Apakah untuk mencari perhatian? Ah itu terserahlah tak bikin saya pusing kepala.

Karena yang sebenarnya bikin saya yang kebetulan sedang berstatus sebagai rakyat dengan penghasilan kecil tak bisa tidur itu ada pada kalimat ditujukan kepada rakyat yang berpenghasilan kecil dan diberikan kesempatan kepada rakyat kecil

Kalau Pak Menteri itu berpikir sebagai rakyat kecil pasti tak akan terpikir kalau rakyat yang berpenghasilan kecil itu akan mampu membeli mobil murah itu. Yang namanya mobil semurah-murahnya pasti harganya akan mencapai puluhan juta. Tidak mungkin sejuta atau dua juta.

Jadi omong kosong kalau mampu membeli mobil murah itu dengan penghasilan sebagai rakyat kecil. Coba hitung sendiri. Dengan penghasilan sekitar dua jutaan per bulan. Berapa yang akan tersisa untuk tabungan membeli mobil itu? Kalau saya sih seringnya malah tekor. Artinya saldo rekening setiap bulannya nol rupiah.

Saya yakin rakyat yang senasib dengan saya kebanyakan yang dipikirkan itu bukan mobil murah. Tapi harga kebutuhan pokok yang murah. Ke mana-mana bisa naik kendaraan umum dengan harga murah dan nyaman. Itu sebenarnya yang paling terpikirkan.

Yang namanya mobil pun mungkin belum pernah terimpikan oleh karena kesibukan memikirkan kebutuhan pokok yang terus melonjak. Ya, contohnya saya ini. Kasarnya boro-boro mikir beli mobil murah, mau kontrak rumah saja sudah pusing kepala.

Heran juga dengan Pak Menteri kita ini. Kenapa lebih memikirkan mobil murah untuk rakyat? Apakah dengan bisa beli mobil murah itu tandanya sudah hidup sejahtera? Inilah yang namanya pejabat yang tidak mengerti perasaan dan keadaan rakyat kecil.

Apes nian jadi rakyat kecil di negeri ini. Sudah nasibnya kembang kempis kurang mendapat perhatian pemerintah. Malah oleh pejabatnya dijadikan jualan untuk mencari simpati. Apa-apa kalau ada maunya bawa-bawa nama rakyat kecil. Padahal tidak sedikit pun mereka dapat merasakan bagaimana mirisnya hidup jadi rakyat kecil.

Jujur saya jadi menyesal tidak bisa tidur gara-gara memikirkan hal ini. Setelah menuliskannya kepala jadi plong juga. Lega. Tapi ada harap-harap cemas kalau nanti dikirimi mobil sama Pak Menteri.


TAGS


Comment
  • Ajigasawa 3 years ago

    yg setju dgn mobil murah jangan pura bodoh dech. kangaete Kure !!!

  • jasjisjus 3 years ago

    wes ben dilukengkas mentrine lengser,mudah2an kantore gak pindah nak gedung tahanan KPK

  • abdul rauf 4 years ago

    LCGC = low cost green car (mobil Ijo berharga murah) hahaha…. gw ngga suka pak mentri mengatasnamakan rakya kecil untuk sekelas mobil yg tidak murah menurut sekelas rakyat kecil, apalagi pake bensin non subsidi. pernah gw lihat disaat jalanan macet, bahkan mobil ambulance pun tidak bisa berjalan dengan lancar untuk mengantarkan orang sakit, anda bisa membayangkan bagaimana yang sakit tidak menggunakan ambulance yang notabene mempunyai hak khusus lewat dijalan ya? wow bisa meninggal dijalan apalagi yang mau melahirkan, bisa2 melahirkan dijalan… sungguh kejam jalanan jakarta… bahkan akan banyak korban2 dijalan yang ngga mengenal kaya apalagi miskin.

    oia menanggapi penjualan bukan dijakarta aja.. ya silahkan aja beli deh mobil murah diluar jakarta, biar yang merasakan macet bukan jakarta aja ya bro.. :)

    kalo semua orang udah punya mobil, trus jalanan macet, lalu kendaraan umum berangsur hilang dari jalanan karena 1 rit bisa ditempuh 2 jam lalu naik menjadi 10 jam (rugi cuy). nanti pemerintah tinggal naekin deh tuh harga parkir, subsidi bbm ilang, tilang elektronik lebih manjur pasti masuk ke kas negara, pajak bbn dinaekin, diterapkan parkir yang disiplin atau diderek. luar biasa tuh pendapatan pemerintah.. mantap kan??

    nah ada prospek bisnis tuh next, yaitu bisnis besi bekas. pasti manjur…

  • Sulaefi 4 years ago

    Masalah mobil mahal atau murah kita serahkan kepada mekanisme pasar saja. Seharusnya pemerintah lah yag mengambil keputusan. Jika pemerintah ingin jalanan tidak macet ya atur saja tahun mobil yang berlaku. Nah mobil-mobil yang sudah tua atau dluar aturan tsb ya masuk kandang saja atau masih boleh dipakai tetapi harus dikenai pajak mobil yang tinggi. Selain dapat mengurangi kemacetan jalan juga bebas dari polusi udara akibat mobil. Cobalah libat di negara Jepang, singapura dan beberapa negara lainnya. Jangan mobil baru dikeluarkan terus tapi mobil yang seharusnya masuk museum dibiarkan berkaliaran di jalanan. Dan pemerintah harus tegas dan konsisten permobilan ini mukaui membuat kendaraan atau mobil yang unutk angkujtan masal. Semuanya harus dimulaisekarang juga. Jangan ribut permobilan cuman menurut sisi kepentingan politik saja. Janganlah ribut mobil murah atau mahal tapi aturlah secara tegas aturan permainan permobilan ini secara bijak dan tegas.

  • Firdaus Malik Hadibrata 4 years ago

    Apabila rakyat kecil = gaji UMR + istri dan anak..
    Menurut saya apa yang dilakukan Menteri sangatlah salah..

    Pertama, rakyat tidak akan membeli mobil “murah” ini karena tidak akan sanggup, dan walaupun sanggup rakyat akan dijadikan “debt slave” untuk sekian tahun (lagi-lagi untuk kepentingan bisnis)

    Kedua, rakyat tidak membutuhkan mobil melihat kondisi jalanan seperti ini, dimana ilmu planologinya tidak jalan di negeri tercinta ini. Untuk menjalankan kehidupan sehari hari walaupun anak lebih dari 2, saya pikir Transportasi Umum yang mumpuni pasti akan sangat membantu rakyat kecil, bukan mobil kecil dan “murah” seperti kata Bapak Mentri (kalo kata saya tetap mahal-mahal saja harga segitu sih)

    Ketiga, Saya pernah bermain ke beberapa negara maju dan ternyata mobil murah disana cenderung tidak pengaruh bagi rakyat kecil karena tetap memilih transportasi umum, dan malah kaum midle to high itu banyak menggunakan transportasi umum bukan mobil pribadi

    Keempat, Mengapa kebijakan mentri baru dilaksanakan saat ini, 2014 mau pilpres baru kebijakan buat mendukung pabrikan jepang darimana saja kemarin-kemarin? saya pernah tinggal di Jepang mobil LCGC ini sudah ada semenjak 2002, dan saat ini kita sudah tahun 2013.. 9 tahun kemana saja sih.. apakah para pembuat kebijakan tidak pernah bergaul hingga ke Jepang sebagai pembuat mobil dikita?..

    Kelima, saya terus berharap dan berdoa semoga transportasi umum yang mumpuni di seluruh indonesia dapat direalisasikan dengan cepat, sehingga kaum elite pun mau memakainya bersama rakyat kecil aminnn..

  • Jujur 4 years ago

    Buat yang mendukung pemerintah dalam hal mobil ‘pura-pura’ murah ini, saya mau berbagi sedikit pandangan:
    1. mobil tersebut bukan murah, melainkan low quality (low spec) dan bebas PPNBM. jadi sebenarnya kontradiktif dengan kondisi “short” penerimaan pajak negara, yang malah justru meringankan para pelaku pasar otomotif, bukan menambah pencapaian penerimaan pajak.

    2. apakah mobil murah dan sembako murah ada hubungan sebab akibat? bisa jadi ya. mengapa pemerintah tidak mengambil kebijakan pembebasan pajak terhadap produsen sembako? atau bahkan memberikan stimulus fiskal bagi pelaku industri pangan dari pertanian sampai ke eceran? coba hitung PPNBM yang “direlakan” dari importir otomotif jumlahnya, bandingkan apabila jumlah tersebut digunakan untuk subsidi/stimulus pelaku industri pangan?

    ada yang bisa sanggah pendapat saya?

  • imadewira 4 years ago

    Soal mobil murah saya tidak dalam posisi setuju ataupun tidak setuju. Tapi saya sependapat bahwa rakyat tidak menjadikan mobil sebagai sebuah kebutuhan mutlak, tidak semua orang ingin membeli dan memiliki mobil. Karena pada dasarnya mobil adalah sebuah alat transportasi, dan sebagian orang membeli mobil memang untuk dijadikan alat transportasi. Nah ketika pemerintah ingin membantu rakyat kecil, seharusnya mereka bisa menyediakan alat transportasi yang terjangkau dan layak untuk rakyat kecil, kalau sudah ada tetap harus diperbaiki dan ditingkatkan pelayanannya.

  • tukuwi 4 years ago

    kalo saya liat akhir akhir ini rakyat lebih melihat atau mendewakan satu figur ,istilahnya : kenapa siih harus ngekor kayak bebek begitu ya?padahal kita gak tau visi dan misi maupun agenda politik mereka.mending kita duduk diam ,jadi oposan .kalo perlu. bukannya jadi bebek yanggcuma ngekor.
    kalo saya meihat dari sudut pandang saya si JOKOWI GOHOK ini cuma takut kerjaanya gak beres ( emang belom beres2 siih macetnya ) udah ampir 1 semester kerjaannya gak fokus.blasak blusuk gak karuan menciptakan pencitraan diri.

  • ibnualsada 4 years ago

    @13 monster

    Anda bilang, “…pemerintah tidak perlu menghambur2kan bertriliun-triliun uang rakyat seperti pada pembangunan MRT atau Monorail atau infrastruktur khusus lainnya.”

    Pertanyaan saya : Tidak perlu menghambur-hamburkan uang untuk bangun MRT?

    Anda melanjutkan, “Yang diperlukan sebenarnya daya dukung yang lebih baik, jalan yang lebih banyak, jalan yang lebih luas, kendali intersections yang lebih mumpuni, pembatasan akses pada ruas jalan tertentu (ERP) dan subsidi yang lebih terkendali pada bahan bakar.”

    Komentar saya : Emang untuk membuat jalan yang lebih banyak, jalan yang lebih luas, kendali intersections itu tidak pakai uang yang sangat banyak? Lalu pembatasan ruas jalan, bukannya bakal nambahin macet?

  • riansyahputra 4 years ago

    hehehe… yg comment disini kyaknya semua pada ngantri utk dapat beli mobil murah…

  • prama 4 years ago

    Sekarang aja mobil pribadi parkir dijalanan semua,hampir penuh jalanan,karena pada gak punya garasi,bila mobil murah terwujud maka penuhlah jalanan disepanjang jalan masuk menuju rumah bapak2 dan ibu2 gak percaya liat aja mau daerah mana dijakarta mau dimasukin perhatikan,perhatikan, maklum menteri tinggalnya di kuningan ,dia mana tahu tuh susahnya jalanan 2 jalur jadi satu jalur,simpangan susah,belum lagi kalo ada hajatan warga ,jalan ditutup,tambah lagi mobil murah,menteri mah bentar lagi pensiun,dia bisa ongkang ongkang kaki,nah tinggal masyarakat kecil yang menderita lagi…..kalo ada yang nyalahin gubernur pak Jokowi itu lebih parah lagi,mau tahu parahnya,pikir aja lagi ………..

  • Muis 4 years ago

    Salam….

    Memang kita patut apresiasi dengan program pemerintah soal mobil murah, walaupun tentu kecurigaan bisa juga muncul. Banyak pertanyaan terbersit di kepala ketika program ini “dipaksakan” meluncur skrng:
    - Kenapa ini diluncurkan menjelang pemilu 2014?
    - Kenapa pemerintah tidak mengembangkan mobil nasional semisal Esemka, Tawon?
    - Kenapa pemerintah seakan tidak peduli dengan dampak kemacetan yang akan ditimbulkan, seharusnya siapkan infrastruktur jalan dulu baru jualan mobilnya (walaupun ini hampir tdk mungkin)

    Dugaan saya, ini bagian dari skenario parpol-parpol besar untuk mendulang dana menjelang pemilu. Dan tidak dikembangkannya mobnas, krn dengan mobnas, pemerintah harus keluarkan subsidi/ bantuan untuk pengembangannya, ribet dan tidak menguntungkan.

    Semoga dugaan saya salah… karena saya masih berusaha berprasangka baik thd pemerintah

  • Harso 4 years ago

    Katakanlah rakyat mampu beli mobil semua, tapi kedamaian nggak akan ada gara gara parkir mobil dijalan kampung.

  • Goblet 4 years ago

    Tulung taro tulisan ini beserta komentarnya di link bapak Presiden kita yang terhormat,bpk Menteri kita… tulung ya…

    mereka ini mikir apa to,

    kalo ada TRANSPORATSI yang AMAN dan NYAMAN, ENGGAK butuh Mobil Pribadi

  • Sabri ALi 4 years ago

    Saya suka dan setuju dengan blog ini.
    Mobil murah adalah suatu kebijakan yang bagus apa lagi kalau semua murah tapi sayang kok mobil yang di kasih murah yang juga murahan. Kenapa bukan kebutuhan pokok yang di usahakan untuk murah.

    Tanpa mobil kita bisa hidup pak mentri……..
    Tanpa kebutuhan pokok ya tak bisa hidup pak,

    Beras, tempe, bawang, minyak, cabe, ayam, telor pak mentri mungkin masih murahan sekali untuk level klongmerat, tapi bagaimana bagi golongan melarat…

  • nagapasha 4 years ago

    kurang setuju mobil murah, pemerintah katanya mau penghematan bbm..eh ini malah ditambah mobilnya…lieur ah,.

  • gabbryl 4 years ago

    Ayo Jokowi jd presiden,,biar mentri2 yg pura2 guoblokkk atau guoblokkkk beneran bisa diajarin jadi pemimpin yg pinter dikit lah,,,

  • mich 4 years ago

    allaa, klo rakyat kecil mau beli mobil yah mobil second aja, toh sama aja, yang bikin pusing itu klo mobil udah terlalu banyak dijalan, buang2 energi, stress iyah.

  • Budhiardjo 4 years ago

    hm …

    dari dulu, pemerintah itu selalu miskomunikasi dan miskoordinasi

    harusnya belajar manajemen prioritas dong

    mana dulu yang lebih penting, antara memperbaiki transportasi massal dan prasarana jalan dengan segala permasalahannya atau memaksakan untuk memproduksi dan menjual mobil “murah” di saat macet tiap hari bisa kita saksikan yang makin menjadi

    lagipula bukan hanya dua hal itu saja yang butuh penanganan segera, begitu banyak masalah yang belum diselesaikan, atau ini hanya salah satu cara agar fokus kita pada hal lain jadi terbelokkan?

    lebih jauh lagi, apa sih batasan dan kriteria “berpenghasilan kecil dan menengah” yang menurut Pak menteri harus diberi kesempatan untuk beli mobil murah itu?
    Berapa penghasilan kotor mereka sebulan, apa saja yang mereka belanjakan, apa mereka tidak kelimpungan untuk mencicil ditambah dengan bensin (yang katanya harus pertamax), perawatan/servis (yang tidak sedikit jumlahnya), kemudian bagaimana kalau masuk bengkel, di tengah melambungnya harga tahu-tempe-daging sapi-bahkan daging ayam, belum biaya sekolah, dan kebutuhan lainnya

    Kemudian juga, bagaimana dengan spare part nya, apa memang bisa sejalan dengan penjualannya, yang katanya untuk di luar Jabodetabek, jangan seperti handphone atau barang elektronik lain yang nanti harus menunggu kiriman dari Jakarta sampai sekian bulan

    Tolong, kalo mo membuat sesuatu, dirundingkan dulu dengan matang antar kementrian, lalu dibuat dulu simulasinya, jadi ngga terkesan seperti anak kecil yang asal berkomentar dan bingung kalo dikritik

  • yanto 4 years ago

    mestinya gubernur harus mendukung pemerintah pusat, karena yang harus dilayani pemerintah bukan hanya satu golongan masyarakat saja, tapi semua harus mendapat bagian pelayanan yang baik, dengan harapan yang sudah mapan dapat lebih nyaman yang belum didorong untuk menjadi lebih mapan dengan mencipkan lapangan kerja, salah satunya dengan industri, semua mesti kan ada efeknya untuk meningkatkan kesejahteraan , jangan dilihat sepotong sepotong,. ga usahlah untuk pencitraan membela rakyat kecil segala….. kenapa dulu ngotot dengan mobil ESEMKA ..pemimpin harus bisa melayani semua masyarakat

  • 12180 4 years ago

    Bro,

    yang dimaksud mobil murah, coba dilihat secara out of the box, harga mobil emang gak sama dgn harga motor, jelas jauh lebih mahal mobil, kalau di kalkulasi dgn ongkos angkutan umum juga susah bro,

    kebutuhan rakyat terutama di kota besar yang hidup sehari-hari diluar rumah dan harus mobile setiap hari, rakyat tersebut butuh keamanan, kenyamanan, efisiensi waktu dst, jujur aja, gak ada orang yang mau pake mobil pribadi sehari-hari kalau memang kenyamanan, keamanan, efisiensi waktu dst didapat dari angkutan umum terutama di jakarta,

    anak sekolah pada nekat bawa motor mesti mereka dibawah usia 17th, coba dengar apa alasan mereka? dipalak di angkot, pelecehan seksual, terlambat terus sampe sekolah, juga para karyawan kantor, mengalami hal yang sama, telaat masuk kantor, pelecehan seksual dan dipalak di angkutan umum, teror sekelas \uang seribu gak bikin anda miskin\ dst,

    investasi beli mobil memang mahal, tapi kalo denger dari mereka yang memang impiannya punya mobil, alasan mereka pingin punya mobil adalah, gak mau setiap hari berkutat dengan preman serta copet di angkot, metromini, kopaja, komuter (sekalipun), gak mau setiap hari telaat masuk sekolah dan kantor dst, mereka butuh hidup nyaman dijalan, mereka punya mimpi utk hidup lebih nyaman diluar rumah.

    dengan adanya mobil murah, dibawah seratus jutaan, maka investasi di mobil untuk tujuan meraih kenyamanan, keamanan, efisiensi waktu diluar rumah, jadi agak berasa ringan, meski pemeliharaan mobil (beli bensin dan oli) mungkin juga akan terlihat berat, tapi service digaransi sampe 5tahun atau 50ribu kilometer.

    ada beberapa teman, mereka tinggal di tang-sel dan depok, mereka testimonial, dengan 150ribu premium dapet sekitar 23liter (harga bbm sekarang), dengan mobil sekelas xenia avanza 1300cc aja bisa 3 hari sekali ngisinya, isinya minimal 4-5 orang udah bisa nganter ke empat tujuan yg berbeda ditengah kota seruwet jakarta di pagi hari, berangkat dari rumah sebelum jam 6 pagi, pulangnya di jemput di lokasi yang sama di sekitar jam 17:30an jam pulang kantor, atau mereka kumpul dulu disatu titik lokasi, dan dijemput disitu

    ganti oli cuma per 10ribu kilometer atau sekitar 3-4 bulan sekali,
    pake suzuki estilo yang cuma 1000cc, dgn duit segitu, isi bensin malah seminggu sekali, coba kalo mobil murah yg kelasnya aja dibawah 1000 cc, pastinya lebih irit dari itu, muat 4 orang,

    efisiensi waktu udah pasti didapat bro, mau itung2an efisien ongkos?

    coba itung ongkos 4-5 orang dari tang-sel atau depok dengan kendaraan umum ke tengah kota dalam seminggu (5 hari kerja/sekolah plus 2 hari weekend yg juga mungkin ada les atau lembur), coba itung lama waktu perjalanan dgn angkutan umum dibanding motor atau mobil, bandingin dgn ongkos operasional mobil sekelas dibawah 1000cc yg isi bensin cuma 150ribu seminggu sekali, ganti oli cuma per 10ribu km, yg kira 3-4bulan sekali.

    Btw, pake komuter alias kereta listrik, sampe stasiun juga kudu pake angkot atau ojek utk ketengah kota (kantor/sekolah), lalu bagaimana kalo yg sekolah anak dibawah umur?

    jadi rakyat kecil bukan berarti gak boleh punya impian hidup layak yang dihargai sisi kemanusiaannya oleh orang lain, hidup diseputar ancaman teror \uang seribu gak membuat anda miskin\, pelecehan seksual, copet dst, sama aja membiarkan kita terus terhina direndahkan sisi kemanusiaan kita oleh orang lain.

    hidup memang bukan mimpi, tapi dalam hidup ini boleh punya mimpi untuk hidup lebih layak sebagai manusia.

    nunggu angkutan umum yang membaik di jabodetabek, sudah di impikan oleh rakyat dari jaman gubernur Ali Sadikin (di jakarta), tapi sampe sekarang yg ada kerawanan malah makin menggila?

    mobil murah jelas mobilnya lebih murah dari xenia / avanza, lebih murah dari suzuki estilo dan yg sekelas, kenapa tidak dimanfaatin?

    nungguin jokowi bikin MRT? monorail? bus gratis? itu juga impian sih, tungguin aja bro, bertahan dgn angkutan umum yang ada, sampe MRT monorail bus gratis sekitar berapa tahun lagi?

    jangan mau jadi korban politik, apalagi korban pelecehan seks, korban pencopetan, korban pemalakan, korban teror \uang seribu gak bikin anda miskin\, \elo ya yg kemaren nonjok ade gw?, sini loh, coba liat KTP elo, mana dompet elo?\.

    blom pernah khan ngalamin yang kayak gitu?, semoga jangan sih.

    kenapa pengendara motor pribadi makin hari makin banyak, padahal beli motor sekarang udah mulai dibatasi dgn DP yang gede (beberapa tahun lalu malah gak pake DP, 500ribu perbulan dari bulan pertama sampe 3 tahun kredit abis).

    alasannya sama bro, angkutan umum gak handal dan kebanyakan sudah mengalami hal-hal yang saya sebut diatas, mereka pilih pake motor bro,

    motor cukup utk berdua orang dewasa plus satu anak kecil, pake mobil malah bisa 4-5 orang bro

    mobil murah gak bakalan laku apalagi yang mahal, kalo memang bener bahwa angkutan umum diurus dengan bener, sehingga rakyat jabodetabek terpenuhi rasa dihargai sisi kemanusiaannya oleh orang lain.

    Apakah perlu Trauma Angkutan Umum dulu baru Sadar untuk Kebutuhan Rasa Nyaman, Aman, Tepat Waktu, Efisiensi Waktu dan Efisiensi Ongkos?

    piss ah.

  • Liana 4 years ago

    Saya setuju dengan pendapat Bapak2 dan Ibu2, intinya pak menteri kita ngomong ga pake otak….

  • kurwinu 4 years ago

    Yang saya tahu MS Hidayat sejak tahun 1980 sudah berkiprah di HIPMI, jadi ya wajar kalo di program LCGC ini dia belain teman2 pengusaha mobil…. Ada pesan sponsor.
    Kalo dia ngomong atas nama rakyat kecil, ya semua pejabat memang disuruh ngomong begitu kaleee….

  • Kang Semproel 4 years ago

    Menurut saya disebut mobil murah disesuaikan dengan yang mebuat kebijakan, yaitu PEMERINTAH, yang notabene adalah orang yang ber-duit (Gak masalah sumber nya halal or haram) dan didukung dengan kemampuan untuk beli BBM, bayar pajak, melakukan perawatan berkala, dan jangan lupa, rumahnya dilengkapi garasi. Minimal bisa taruh di jalan depan rumah.

    Untuk saya pribadi, ini mah tetep saja kategori mobil MAHAL …!!! Apalagi buat mereka-mereka yg tergolong menengah ke bawah.

    Apapun alasannya pemerintah, yang pasti agendanya bukan untuk kemashlahatan rakyat kebanyakan. Yang diuntungkan dan menikmati keuntungan dari adanya mobil mewah ini tetep saja, pengusaha otomotif (lokal dan asing) serta pihak-2 penyokongnya disini.

    DAMN !!! Tapi yah begitulah negeriku….

    Salam

  • nasphie 4 years ago

    kalau jadi dikirm mobil saya juga mau ikutan cemas..:p

  • pemirsa 4 years ago

    mentri anjing semua…. cuma pada mikirin isi perut ma bawah perut doang…

  • aneh 4 years ago

    ini permainan wartawan aja, pasti pak mentri di tanya sama wartawan bodrex tentang tanggapan pak mentri tentang ketidak setujuan jokowi. Jadi wajar kalau jawabannya sebut2 jokowi.

    Disebut rakyat kecil, menengah dan kaya yg bisa beli LGCC, jadi bagus dong yg ga bisa beli (bukan ga mau) adalah rakyat kecil sekali atau miskin. Dengan LGCC bisa di hitung deh % rakyat miskin, pasti jadi tambah naik kan daripada pake standard 300rb/bulan aja. Bisa buat kampanye jelekin pemerintah bikin rakyat miskin bertambah.

  • aldi 4 years ago

    gak usah muluk-muluklah memikirkankan mobil murah,keperluan yang jelas2 dibutuhkan setiap hari bagi rakyat kecil belum terpenuhi,tahu murah,tempe murah,cabe murah,bawang murah itu dulu dipikirkan?

  • mantabs 4 years ago

    Ada bagusnya dengan mobil murah ini tapi harus diatur sedemikian rupa supaya tidak menimbulkan berbagai masalah seperti dengan di bangun infrastuktur yang memadai atau dibuat regulasi khusus..

    Gubernur kita Jokowi gak setuju ya, sebenarnya dia naek gubernur juga salah satunya karena konsep mobil esemka yg katanya murah, tapi sekarang ga tau gimana nasibnya tuh esemka setelah jadi gubernur… denger2 mobilnya udah rusak dan masuk gudang sekarang yaa..

    denger2 Mobil murah ini kandungan lokalnya sampai 85%, jadi bagus buat kondisi perindustrian dan ekonomi kita.. apalagi kalo bisa diekspor ke luar..
    Ada baiknya yg dibatasi itu mobil mewah atau yg semuanya di import dari luar,yg kurang berkontribusi bagi perindustrian lokal..

    Cuma masalahnya bagaimana cara mengatasi masalah & kemacetan kemungkinan akan semakin buruk khususnya di Jkt…

  • Jasa Desain Company Profile 4 years ago

    seharusnya mencukupi kebutuhannya dulu, yaitu rumah.
    kalau semua orang punya mobil, bagaimana dengan kendaraan umum, mereka juga perlu cari nafkah :)

  • Professortawbah 4 years ago

    Assalaamu ‘alaikum wr. wb. Saudaraku semua yang semoga diberi Petunjuk oleh Alloh SWT. Mobil murah adalah salah satu kebijakan yang tepat bagi orang-orang yang kurang mampu yang ingin sekali memenuhi haknya, ibarat “kuda” di zaman Rosululloh dan para shahabat dulu. Yang harus dicermati adalah mobil murah itu jangan sampai tidak berkualitas dan yang terpenting pula ramah lingkungan (Go Green) dan irit serta bandel, dll yang dapat bersaing dengan produl luar negeri. Mungkin terlalu idealis, ya. He he he. Namun bermimpi dan berharap, tidak diharamkan, tho, kecuali yang melanggar Syari’at, nggeeh. Pengadaan mobil murah tidak membuat macet khususnya di Ibukota. Yang membuat macet parah dan biang keladi masalah adalah: “IBU KOTA MASIH DI JAKARTA”. Jikalau ibukota telah dipindahkan ke Kalimantan atau ke wilayah yang lebih luas dan memungkinkan lagi, insyaa Alloh keberadaan mobil murah yang didambakan “wong cilik” tidak akan membuat Jakarta macet. Contohnya Yogyakarta. Dulu Yogya pernah menjadi Ibukota Negara sebelum Jakarta. Yogya ramai, padat dan macet, apalagi jika dulu tidak dipindahkan ke Jakarta, maka Yogaya semakin seperti Jakarta (walloHu a’alam). COba kita bayangkan betapa susah dan ribetnya jika sebuah keluarga mempunyai anak lebih dari 2 atau 3 atau 4, atau ada keluarga yang sakit atau mendadak tidak ada mobil, harus ngantri angkot, atau sedang bawa barang dagangan banyak untuk usaha atau hajatan atau lainnya yang penting? Tanya kenapa???

  • badut 4 years ago

    Yang sekarang kita butuhkan adalah KABINET MURAH yang diisi oleh para pejabat dg pemikiran kinerja tinggi dg biaya rendah.

  • nik 4 years ago

    btul btul itu..

    emang pemerintah mau ngabisin uang rakyat kok untuk subsidi BBM…

    emang kita rakyat kecil makan mobil apa?

  • triex 4 years ago

    klo prinsip pemerintah (pak menteri)seperti ini,indonesia bakalan jadi sampah mobil.

  • Deva 4 years ago

    Berbau duit nih… Terima bingkisan berapa pak sampe ikut promosi mobil murah ? Kami rakyat kecil sudah pusing mikirin makan dan tinggal. Setitikpun tidak terpikir untuk punya mobil. Mau ditaro dimana mobil itu nanti ..

  • teri 4 years ago

    saya sih sederhana, mobil murah membuka lapangan kerja. Yg punya mobil mahal dipakenya sabtu minggu aja, sehari2 pake aja mobil murah berhubung gaji sy jg ga besar:). Berhubung indonesia belum bisa buat mobnas ya semntara bangga pake mobil murah. Dimana ya Jokowi yg bilang menyelesaikan macet itu hal gampang…inget banget dia bilang kuncinya dikomunikasi dan dia ahli banget dimasalah komunikasi. Akhir kata sy mendukung mobil murah, mobil itu ga kan sy pakai kala pemerintah sdh mnyelenggarakan transportasi umum yg memadai, murah, trotoir yg nyaman. Bukan apa2 diitung2 mahalan naik umum dibanding beli bensin

  • dewa borneo 4 years ago

    negara berhasil bukanlah ditunjukkan dengan seberapa banyak rakyat miskin beli mobil, namun seberapa banyak orang kaya menggunakan transportasi umum…(dukung Jokowi)

  • Thinker 4 years ago

    ….”Kasih tahu Pak Jokowi, ini juga ditujukan kepada rakyat yang berpenghasilan kecil dan menengah, rakyat yang mencintai dia juga. Harus diberikan kesempatan kepada rakyat kecil yang mencintai Pak Jokowi untuk bisa membeli mobil murah.”…

    susunan kata diatas mungkin saja konspirasi manuver politik untuk menggerus elektabilitas (maaf kalau salah) Mr Jokowi yang sampai saat ini memperoleh presentase chance yang besar untuk jadi “the next President of Indonesia”.. Mr Jokowi dianggap dekat dengan rakyat, “blusukan” nya ternyata relatif berhasil dan efektif untuk mengambil hati dan DICINTAI rakyat..nah dengan wacana “mobil murah” sekarang ini seolah-olah Mr Jokowi dengan statementnya…”mobil murah tidak bener, yang bener adalah MRT (maaf kalau salah) yang terjangkau”, kalimat Mr Jokowi dapat di politisir seolah-olah MENCEGAH/MELARANG rakyat kecil dapat membeli mobil murah, karena basically jika orang punya mobil tentu prestisenya = gengsi terangkat (walau mobil murah), kebanyakan rakyat Indonesia masih belum berfikir 3F (form follow fuction=bentuk mengikuti fungsi)…sebetulnya masih panjang yang ada di pikiran (hehe..nanti jadi sudzon), singkat cerita pemerintah berusaha membendung elektabilitas Mr jokowai….silahkan kembangkan sendiri!?

  • olif 4 years ago

    mobilnya murah, tapi..
    1. bayar parkirnya sudah mahal
    2. maitenancenya belum tentu murah :)
    3. biaya kerugian karena macetnya mungkin harus dihitung juga.. kalau dulu mungkin permobil/per hari cuma 1000 rupiah, sekarang kalau mobilnya nambah sejuta?… buat makan krupuk 7 turunan juga ga akan habis :)
    4. kecelakaan lalu lintasnya juga tambah banyak… yang parkir dipinggir jalan saja bisa ditabrak. mungkin besok yang parkir di tempat parkir beneran bisa ketabrak :(
    Belajar dari negara lain, semakin banyak transportasi umum, negaranya lumayan tertata dengan baik, polusi juga berkurang, jangankan WNI, WNA mungkin juga nyaman jalan kaki… lumayan buat nambah turis dateng ke Indonesia.

  • waini 4 years ago

    laiya omong kok berisi dagelan tok yang satu pembenar jokowi. sedangkan yang lain saking senenge ingin membahagiakan rakyat berpenghasilan kecil. mangkane jadio pemimpin kabeh wae aku sing dadi rakyat

  • nessi 4 years ago

    boro2 mobil,,,mw beli makan murah aja susah,,,

  • Bandaro 4 years ago

    Saya sepakat, yang paling dibutuhkan Indoensia sekarang ini adalah makanan, pendidikan dan kesehatan lancar, karena penduduk indonesia ini sebagian besar belum memikirkan untuk punya mobil, walaupun itu mobil murah..

    Salam dari Blog Bandaro

  • Blaster 4 years ago

    Mobil murah memang sangat baik….
    Namun kan kita berfikir dampak dari hal itu apa?
    1. Macet nambah parah
    2. Konsumsi BBM semakin tinggi (Loh katanya terbatas)
    3. Polisi udara semakin tinggi

    dan di tambah lagi….
    Bukannya tidak menginginkan rakyat kecil untuk menggunakan Mobil… Namun di sini yang di kategorikan rakyat kecil itu yang mana?
    Yang Hidupnya pas2an buat makan sehari2?
    Rakyat kecil Yang punya usaha pribadi?
    Rakyat kecil yang mana lagi maksudnya?

  • toyojo 4 years ago

    Emangnya siapa yang diuntungkan?? Rakyat kecil untuk makan sehari-hari aja susah apalagi beli mobil yang katanya murah … murah bagi siapa. Ya yang diuntungkan sich ya yang beri ijin, yang dapat ijin, penjualnya, dan mungkin para bos yang mau belikan mobil anak-anaknya. Produksi aja transpotasi massal buat rakyat nyaman dan murah.

  • wong kere 4 years ago

    saya juga bingung sama pemerintahan sekarang. mobil murah itu berapa harganya…? apa rakyat kecil yang dapat BLT biar bisa beli mobil murah..?
    untuk apa subsidi dihilangi klo jumlah mobil ditambah trus tapi tidak ada pembatasan. pemerintah sekarang hanya cuma kejar setoran..!
    rakyat kecil maunya yang murah bahan pokok ,kesehatan,pendidikan dan transportasi murah yang aman dan nyaman. ini fakta…..!!!

  • Djoejoe 4 years ago

    rakyat indonesia itu cuma terdiri dari yang bisa mobil seharga mobil murah tsbt ya? itu artinya rakyat kelas bawah emank gak pernah dipedulikan, dalam dunia bisnis n politik, yang namanya kerjasama itu pasti ada simbyosis mutualisme… artinya demi fee fulus yg ditawarkan siapapun bakal perjuangkan mati2an kepentingan bersamanya itu….

  • billy 4 years ago

    astaga… terlalu pinter sampe bandingin cina bisa buat mobil murah.. cina bisa bikin mobil murah karena infrastrukturnya mendukung, dan udh dimatengkan sejak tahun 90an bukan di 2013 .. lah ini di 2013 aja transportasi umum di DKI hancur hancuran (yg naik KRL, busway pasti tau banget), jalan sudirman, gatsu, dikit2 diperbaiki trus mikirin mobil murah????
    kemarin pas BBM mau naik rame2 tolak bahkan minta supaya mobil dibatesin pemakaian bbm cukup motor sm angkutan umum.. lah ini mobil murah nongol gmn ga jebol subsidi BBM??? blm ada mobil murah subsidi BBM udh lewat batas.
    kok bisa2nya menteri bilang kayak gitu..

    btw ga semua menteri pinter krn mereka dapat posisi itu hasil negosiasi politik bkn krn otaknya.

  • Wongtani 4 years ago

    saya sih curiga jangan-jangan UjungUjungnyaDuit buat persiapan PEMILU ntar, bisa ada kasus besar ni, gawaat,,,,,,

  • odongodongkalungwesi 4 years ago

    Indonesia butuh mobil listrik buatan 100 persen putra dan putri indonesia untuk mengangkut kedelai, bawang merah, daging sapi, beras, tembakau, ikan, garam (yang semuanya diimpor) dari seluruh dunia dengan merek : Nasional seperti : mobil listrik SEMERU, motor listrik MERAPI, sepeda listrik RINJANI …. Semoga pada ngarti yee kalo Negri ini baru bisa membuat GENGSI dan KETURUNAN …. untuk dipamerkan ketika mudik dengan mobil murah, motor murah, dan BBM murah … ha ha ha

  • Iwandokterkaya 4 years ago

    Mobil murah bukan buat rakyat kecil….tapi buat rakyat konsumtif dan pemboros karena tambah bikin macet jalanan. Saya yang cukup penghasilannya dan sudah punya mobil mewah saja, lebih suka naik commuter line yg semakin ramah , tidak kenal macet, hemat dan sekarang lebih manusiawi. Apalagi nanti kalau proyek MRT pak Jokowi sdh rampung…tambah enak bepergian dengan angkutan umum

  • elsha 4 years ago

    apa dengan mobil murah…kehidupan rakyat menjadi mapan dan tidak menambah pusing rakyat untuk mencicilnya

  • andree 4 years ago

    isttt….lagi cari modal 2014

  • cing 4 years ago

    mobil murah sia2 jika suku cadangnya mahal dan kagak awet …
    setuju banget .. bahwa rakyat lebih membutuhkan sembako murah . pendidikan gratis … soal mobil murah mah kebutuhan yg dipaksa paksakan

  • mebisandi 4 years ago

    PAK MENTERI YANG PINTAR…..

    YANG RAKYAT BUTUHKAN BUKAN MOBIL MURAH

    TAPI….

    SEMBAKO MURAH
    BIAYA HIDUP MURAH
    PENDIDIKAN MURAH
    KESEHATAN MURAH

    TAPI BUKAN MURAHAN YAA…!!!

  • sabdopalon 4 years ago

    yang di butuhkan indonesia bukan mobil murah, tapi presiden waras!!!

  • satan 4 years ago

    memang kita ini bodoh..
    BODOH TELAH MEMILIH PEMIMPIN YANG TAK TAU KEINGINAN RAKYAT..

    MENTRI YANG ASAL OMONG TANPA PERNAH MERASA KEBUTUHAN RAKYAT..
    QTA BUTUH SEMBAKO MURAH, PERUMAHAN MURAH.. BUKAN MOBIL MURAH…

    sedih saya liat MS HIDAYAT.. NAMANYA AJA YG BAGUS.. OTAKNYA GAK SESUAI OTAK RAKYAT..

  • KERE 4 years ago

    ANDA ORANG EGOIS, ANDA BERPIKIR LOKAL !!!!!
    INDONESIA BUKAN CUMA JAKARTA OM!!!

    YANG MAMPU BELI MOBIL MURAH, TENTU SUDAH MAMPU BELI MOTOR DAN TIDAK BERPENGHASILAN 2 JT PER BULAN !!!!

    KALAU PENGHASILAN MASIH 2-3JT PERBULAN, YA NDAK MIKIR MOBIL TO OM.. MAKAN SEHARI-HARI SAJA SUDAH SUSAH..
    BERPIKIR YANG RASIONAL SAJA OM…

    MASIH SANGAT BANYAK ORANG YANG MENANTIKAN MOBIL-MOBIL MURAH.

  • PROBIO 4 years ago

    Yang dimaksud mungkin bukan rakyat kecil kalii… LCGC ditujukan utk yang mau naik tingkat dari motor ke mobil, tapi tidak cuku mampu utk beli mobil dengan harga standart sekarang…

    klo soal kemacetan, emang mobil mahal tidak bikin macet..? emang bodi mobil yg bikin macet, coba klo orang ke kantor tidak bawa mobil, pasti lancar deh..

    Mempersulit “orang kecil” beli mobil juga merupakan tindakan diskriminatiff… bukan begitu Pak? emang hanya orang kaya yang boleh punya mobil? menghabiskan subsidi BBM? padahal LCGR disyaratkan pakai BBM non subsis..!!

    mobil2 LCGR tidak boleh pake bension RON88 kan supaya menghapus subsidi Pak, klo mobil mewah saja pada gak tahu diri beli bensin RON88, gimana gak jebol APBN?? betul begitu Pak???

    Syarat LCGR kan harus dibuat dalam negri,rata2 komponen 85% produk local, caba bapak hitung berapa efek ekonomi dari penyerapan tenaga kerja masing-masing pabrik… belum lagi kegiatan ekonomi penunjang seperti jasa, catering, konveksi, rumah-rumah kos dsb….

    Bapak sudah berfikir tujuh keliling(secara menyeluruh) untuk efek keseluruhan?? atau hanya dari sisi “rakyat kecil” berpenghasilan 2 jt perbulan (yg untuk beli motor saja sudah ngos-ngosan)?

  • ronbrah 4 years ago

    kalau mobil murah dan bikin sendiri kok engak ESMKA yang di kembakan sama saja mobilmurah itu tetep merek jepang.coba liat malaysia bikin merek sendiri

  • chawa 4 years ago

    masalah macett bukan karena mobil murahh ato mobil mahal lee jadi terlalu dangkal pemikiran spt itu…………………….itu namanya statement kagetann. spt orng yg sdh kehilangan akall…………..asall jeplakk waee karena mmng gkk punya konseppp tiba waktu tiba akall

  • bulkini 4 years ago

    alasan pemerintah itu hanyalah retorika.intinya jepang ingin menguasai pasar mobil kita meningkatkan income kita ingin mendapatkan investasi dari mereka membuka lapangan kerja. jepang sadar china harus dibendung cuma kita bisa memanfaatkan tidak? apa justru jadi korban. bikin tambah macet, konsumtif ya, kita butuh mobil murah ya kita butuh transportasi massal murah benar, yg perlu kita sikapi adlh kita harus bijak dg penggunaan mobil murah. contah sy punya istri anak 2 masih SD n SMP kerja rumah d madura kerja & kontrak d surabaya, sabtu minggu sy pulang naik motor tdk bisa berempat pake kendaraan umum minta ampun susahnya harus ganti 3X, hrs naik kapal padahal dari suramadu cuma 12 km dari kamal 54 km. di kamal bisa antri 2 jam. klo beli mobil saya pake cuma klo berempat, klo cuma berdua pake motor. cuma yg saya perhatikan rekan2 yg sudah beli mobil gaya hidupnya berubah biasa makan di warung jadi restoran, padahal penghasilan mepet jadinya pelitnya minta ampun misal ada yang numpang tanpa sungkan minta urunan bensin atau tol, jd tergantung kita menyikapi

  • aneh 4 years ago

    Lo aja yg aneh ga baca kamus kali ya, LCGC artinya apa sih, mobil hijau biaya rendah , memang benar kan biaya nya lebih rendah, soal sebutan mobil murah kan blow up media aja agar bisa jadi pertentangan, so jangan mudah terbakar sama media.
    Setuju aja dengan ini, masa jalanan cuma macet sama mobil mahal aja, jadi sekarang semua mobil biaya rendah mau pun mahal bisa sama2 bikin macet.
    Nah tinggal pemerintah aja bikin yg ga macet yaitu angkutan umum. Kalau ga ada macet mana mau yg punya mobil pindah ke angkot. ya gak

  • wongbingung 4 years ago

    Menterinya emang lagi pada linglung (gara2 konvensi demokrat kali ya…). Kalo mau mobil murah gampang kok, di showroom mobil bekas banyak yang lebih murah, mau yang 50 jt, 40 jt atau di bawahnya ada kok, bisa nyicil juga, malah bisa bikin pinter karena harus belajar ngoprek (kaya aku dulu) hehehe…. Taruhan, yang banyak beli mobil ini adalah orang yang sudah punya mobil, untuk anaknya sekolah, kuliah dan buat belanja ke pasar. Artinya green itu warna mobilnya hijau semua ya…:)

  • TAP 4 years ago

    Sebenarnya, daripada mobil murah lebih baik dicanangkan MOBIL NASIONAL, yang artinya, memberdayakan perusahaan lokal dengan memanfaatkan teknologi pakar dan ahli lokal.
    Semurah-murahnya mobil, kalau kmandungan lokalnya tidak banyak, ya yang sejahtera pihak asing lagi.

  • Juanda Ahmad 4 years ago

    inilah ciri2 Bangsa yg dipimpin oleh orang-orang munafik, kebanyakan rencana no action,mental calo yang mengharap komisi, dulu kan ada rencana membuat conventer mengubah pemakaian Bensin ke Gas itu coba jalanian dan kayanya akan sangat tepat jika mobil yang sudah ada saat ini 50% aja beralih menggunakan BBG,untuk menekan subsidi minyak dengan rencana Confenternya kemana tuh udah lupa lagi…………..

  • Kaffah 4 years ago

    Kalau pemerintah punya program dan punya target untuk segera memecetkan jalan-jalan di DKI Jakarta dan juga Ibu Kota Provensi…..Saya sangat setuju sekali dengan pernyataan dr. Budi Febrian dan Bp. MS Hidayat dan para sohib lain yang mendukung mobil murah.
    Bila perlu mobil murah ini diproduksi secara besar-besaran dan semua ATPM diwajibkan untuk memproduksi mobil yang sangat murah dengan target penjualan minimal 1.000.000 unit perhari. Dituangkan dalam bentuk peraturan perundangan…bila tidak melaksanakan dan tidak memenuhi target diberi sangsi yang tegas. Dijamin program pemerintah cepat tercapai….

  • melissa 4 years ago

    @ dr. Budhi Febrian PJ

    Aduh pak… please jangan disamakan dong pak kita dengan China. Di Cina itu jalanan GEDE-GEDE pak. Dan kalau terjadi macet, dengan sistem komunis yang mereka anut, sangat gampang bagi pemerintah untuk menggusur sebagian lahan rakyat untuk pelebaran jalan. Gak pake repot, gak pake nego, gak pake ganti rugi. Ada yang demo, penjarakan. Mohon dipahami pak kalo keadaan di China sangat tidak relevan untuk disamakan dengan Indonesia.

  • ebit 4 years ago

    program mobil murah itu sudah jelas strategi ATPM seperti Toyota dan Daihatsu, percayalah kejadiannya sama dengan Avanza dan Xenia, dulu pertama dijual di kisaran 70 juta tapi sekarang sudah ratusan juta kan? program mobil murah itu bukan program MOBNAS. banyak perusahaan lokal yang berjuang untuk mengembangkan industri otomotif nasional bagaimana nasibnya? otomatis program MOBNAS terhambat oleh perusahaan” raksasa yang jelas-jelas kepemilikannya bukan milik Indonesia tapi oleh JAPAN. Pemerintah sebaiknya mendukung perusahaan” lokal, bukan perusahaan asing dengan memberi innsentif untuk R&D serta kemudahan pajak. sehingga industri otomotif nasional bisa bertahan. ingat TOYOTA dan Daihatsu sudah puluhah tahun di Indonesia, dan penambahan konten lokal juga mayoritas oleh perusahaan JAPAN. sehingga keuntungan baik dari kendaraan maupun sparepart tetap lari ke JAPAN bukan ke Indonesia

  • anie rhoma 4 years ago

    ter-la-lu… pak menteri yg itu komentarnya mmg aneh, lihat nanti tmbah macet pastinya jalanan, khususnya di ibukota ini…

  • tikionly 4 years ago

    wkwkwk pak kate nih, nongol mulu gak di kompasiana di detik.. pak kate everywhereeeeeee :D

  • dimas sutamto 4 years ago

    menurut saya yang penting dan urgent adalh biaya kesehatan yang murah…itu no 1 yang kita butuhkan .mau orang miskin orang agak miskin .orang tidak miskin bahkan orang yangsuper kayapun butuh kesehatan,jadi prioritaskan dulu biaya kesehatan yang murah…

  • Sugeng P 4 years ago

    Sebenernya Menteri kita itu tidak pinter justru idiot, tidak ngerti permasalahan hidup rakyat kecil, wong rakyat mau makan aja susah, bayar kost aja megap-megap, kerjaan aja tidak pasti, rumah belum punya. Boro-boro beli mobil “Wah mimpi aja tidak pernah tuh”. jangan-jangan nih udah dapat uang tips dan jatah dari produsennya. wah gawat jabatan dipertaruhkan.

  • Mokong 4 years ago

    Mentri tukang boong

  • Craig 4 years ago

    Kalau sampai - sampai Jakarta dan beberapa kota tambah macet gara - gara program mobil murah, pak menteri MS Hidayat harus bertanggung jawab akibat kebijakannya yang ini…!

  • joni 4 years ago

    bukannya saya tidak ingin memiliki mobil murah tapi kenapa kebijakan pemerintah menjelang demisioner kok aneh2????subsidi BBM dicabut(BBM murah HAK rakyat selagi pemerintah tidak dapat menyediakan kesehatan gratis&pendidikan gratis hingga universitas)..sekarang mobil murah ditambah kasus2 aneh seperti impor bawang,garam,cabe lalu ada harga kedele yg melambung sedangkan pemerintah beberapa tahun lalu sudah tahu ada kartel tp diam saja..begini ya pak mentri..sepenting apa sih mobil murah??????penting harga sembako murah atau mobil murah?lebih baik mobil murah diberikan kepada pengusaha angkutan agar biaya transportasi menjadi murah sehingga berdampak langsung pd rakyat..disaat pemerintah sebentar lagi demisioner tentu rakyat berpikiran ada sesuatu dengan kebijakan pemerintah ..termasuk pikiran jelek saya kepada pak mentri.dalam hati saya\ emang disogok berapa oleh asing untuk mengeluarkan kebijakan mobil murah??\…ya jgn tersinggung jika saya sebagai rakyat kecil tidak respek dan simpati kepada pemerintah dan dpr….

  • Adjie 4 years ago

    “A developed country is not a place where the poor have cars. Its where the rich use public transport”

    paraphrased from Enrique Penalosa, former Mayor of Bogot, Colombia

    sejauh informasi yang saya dapat, negara2 maju malah menekan penggunaan mobil pribadi, tp memberi dukungan pada transportasi publik. lihat aja Jepang, Amerika, negara2 Eropa.

    Belanda malah warganya terbiasa menggunakan sepeda. Jalur sepeda terbaik di Dunia yang didukung oleh pemerintahnya.
    monggo, bisa dilihat disini mas…

    http://www.youtube.com/watch?v=XuBdf9jYj7o

    kebijakan yg memihak pada mobil murah, hanya akan membuat rakyat menjadi manja. ujung2nya kl ada masalah ma bensin ma minyak mau gmn?? mau utang lagi??

    udah 2100 trilyun utang Indonesia, maluuu cooooy……

    masalah Industri manufaktur, mending dukung yang udah ada aja. Solo Tech Park, Industri spare parts di Tegal, Malang, SMK2 di Indonesia. pendukung kebijakan mobil murah, cuma orang2 mental broker/calo/centeng warisan kompeni. pribumi yg tega makan pribumi lainnya….

  • tomy 4 years ago

    ayo kita beli mobil murah ESEMKA. nich program jangan sampe gagal

  • tomy 4 years ago

    kalo dukung pak JOKOWI ya bolehlah pake mobil murah esemka kan program pak jokowi lho saya bingung juga nih dg banyak pernyataan

  • Mase 4 years ago

    Pak Menteri yang bikin keputusan mobil murah……………separatoz blank……

  • Nino 4 years ago

    Quotes from TS “Melihat suatu masalah jangan hanya menggunakan pemikiran dan standar diri sendiri. Sebab itu akan memudahkan kita terjebak dalam kesalah-pahaman. Perlu kejernihan pikiran untuk memahami secara jelas dan luas sebelum menyimpulkan” source blog ini

  • Nino 4 years ago

    ribut ae ngurus kebijakan, ini bukan BOTTOM UP tapi TOP DOWN, nyerocos disini juga ga akan berguna untuk negara, kalau kata dosen ANE “JANGAN MENDEWAKAN MOBIL DIJALAN” <—– ini mesti dibaca | kalau prasarananya bagus kaya di Jepang, mobil murah sih ane setuju” aja,
    ente” dimari pernah mikir merasa takut ga kalau jalan di pinggir jalan atau mau menyebrang? dan di adu dengan pernah takut ga kalau naik transportasi yang ga aman dan nyaman ? (Pribadi vs Umum).

    ane tau jakarta mulai macet sejak dulu bahkan sekarang lebih parah, ente tau itu karena dulu INDO sedang beralihfungsi ke industri, yak terima kasih kepada pak menteri yang menjabat saat itu beserta pemain” belakang layar, dan sekarang JALAN UDAH TERLALU PENUH dan Mobil Murah untuk masyarakat kecil atau menengah ? ya bagus juga sih kalau motornya berkurang mobil bertambah dijalanan serta jalan yang tidak bertambah lebarnya .

    masalah ini ga akan selesai kalau cuma di lihat dari satu sisi aja karena ini mencakup semua aspek fisik dan nonfisik, prasarana serta sarana, ekonomi sosial budaya. ya satu lagi, POLA PIKIR ORANG INDONESIA DENGAN LUAR ITU BERBEDA bahkan KONDISIpun BERBEDA, jadi jangan samakan dengan luar om dan tante :)

    Salam PLANNER

  • amoo 4 years ago

    kalau memang bias beli silahkan aja. kan juga ngerasain bagemana enaknya macet di jalan.

    kalau rakyat kecil lebih suka di kasih program rumah murah, sembako murah, lapangnan kerja. kalau mobil g terlalu butuh.

    ngurus kedelai aja g bisA tuntas, apalagi buat mobil yang konon bahannya 85 % lkal. ngimpi kali
    BELUM MASALH DAGING, beras dan masih seabrek masalah yang mendera petani di negri ini. mereka lah yang termasuk rakyat kecil.

    ENAK JAMAN KU TOOOOO

    hahahahahahahah

  • ayamgoreng 4 years ago

    kalau mau jujur, pasti ada dana mengalir ke pihak2 yg mengeluarkan ijin untuk mobil murah ini…. yg anehnya lagi2 keluar pas menjelang pemilu…. perlu dana ya bapak2 pejabat? Tidak masuk akal mobil murah itu untuk rakyat kecil…. rakyat kecil itu boro2 mikirin mobil, yang penting untuk mereka gimana biar ada rumah, makanan, dan pendidikan yg cukup untuk keluarga, bukan MOBIL!!!! Ini cuma akal2an dan KKN antara pihak2 yang diuntungkan….. Lebih aneh lagi baru saja pemerintah menaikkan BBM dengan tujuan agar pengguna mobil beralih ke angkutan umum. Lah skrg malah dibujukin untuk naik mobil lagi???? Keblinger apa???

  • si doel 4 years ago

    intinya yang kuat beli monggooooooooooooooooo, yang tidak mampu cukup jd penonton aja. emang jd orang miskin itu serba susah, slalu di tindas yang diatas.

  • suwarso 4 years ago

    tidak mungkin orang orang berbondong untuk membeli mobil murah. karena harganya tidak terjangkau masyarakat kecil. paling yg beli masyarakat menengah ke atas. sedangkan kalau hanya berpenghasilan 3 juta satu bulan masih mikir dua kali untuk ke mobil morah, untuk kebutuhan keluarganya saja paspasan ………………em.

  • Ernest 4 years ago

    Ini banyak yang bicara bla…bla…jangan dilihat dari konteks inilah, mobil ini bisa jadi tameng mobil dari luar lah segala macam yang intinya mendukung program mobil murah…padahal konteks underline nya \Mentri tolol itu bicara bahwa mobil murah ini ditujukan untuk rakyat kecil\,,,ini yang jadi masalah, Rakyat Kecil yg Mana, karena rakyat kecil jelas nggak akan bisa beli mobil semurah apapun bego….yang diperlukan rakyat kecil itu cuman bisa makan teratur, bisa sekolahkan anak nya, bisa ke dokter kalau sakit, dan bisa berangkat kerja dengan harga angkutan umum yg kalo ditotal tidak membebani pendapatan nya yang sudah kecil…tolong yah kalian yang merasa orang kaya dan bisa beli ini mobil nggak usah komen yang nyakitin orang kecil.

  • juliandi 4 years ago

    Kalau menurut saya pak menteri salah penempatan kata2nya memperjual belikan nama (masyarakat kecil), karena masyarakat kecil belum membutuhkan mobil murah, tapi biaya kehidupan yg murah.Dibalik perkataan pak menteri terselip politik

  • dicky 4 years ago

    Kata saudara saya yg bekerja di dealer mobil astra, saat ini yg sdh memesan mobil murah kebanyakan justru orang2 kaya untuk hadiah anaknya yg baru naik kelas atau lulus sekolah… Kayanya kejadian tabrakan maut bakal makin banyak nih…

  • kole-kole 4 years ago

    Satu kebijakan ini,beribu tanggapan tapi tanggapan itu kurang lebih aja semua.tidak ada yang mengakibatkan fatality.Akibatnya tidak sangat berbahaya dan mamfaatnya tidak sangat baik.Jadi kalau aku pembuat kebijakan ini……. diam-diam aja tiba-tiba itu mobil yang katanya murah sudah ada di pasaran.beres tidak bayak yang berkomentar.Padahalsatupun mungkin dari antara yang berkomentar ini tidak pernah mampu membuat swatu terobosan apapun itu di negri ini.Kemampuan hanya berkomentar,uda deh biarkanlah perobahan itu ada.

  • Evan 4 years ago

    Pakai BBM non subsidi adalah kebijakan umum yg berlaku bagi seluruh masyarakat Indonesia, gak melihat org kaya atau miskin. Tentunya mereka sendiri yg bisa mengukur kemampuan sering tidaknya mereka pakai mobil. Komentar2 disini kenapa sepertinya adalah sentimen2 pribadi yg menyudutkan, tanpa melihat pokok persoalannya secara logis? Pantas aja….!#$%?

  • Evan 4 years ago

    Org yg tdk punya mobil tentu sngt mendambakannya. Bahkan skeluarga naik pickup butut saja mereka mau. Kalau mampu punya yg baru, tentu mrka lebih senang. Jangan menyamakan orang miskin atau orang kaya dengan diri anda. Orang kalau gak pengen toh juga tidak akan membeli! pikir! pikir!

  • Suryo 4 years ago

    Setuju dengan pendapat anda.
    Emang nggak bingung beli bensin, sedia tempat parkir, dll dll.
    Menteri geblek

  • joko susilo 4 years ago

    mobil masuk silahkan masuk, asal dengan syarat: TIDAK SUBSIDI dan harus pakai pertamax.

    Subsidi akan dialihkan untuk pelayanan kesehatan gratis, pendidikan gratis, angkutan umum gratis, sembako murah, rusun subsidi, subsidi pertanian, dll….

    cek ini: hkalla.co.id (perusahaan otomotif milik JK, makanya dia dukung itu)

  • LOAD 4 years ago

    hahaha … pemerintah emang kepinteran, blaasssss !!!
    rakyat kecil mo beli mobil murah … mang mau minum bensin?
    trs makan apa? tiap hari hrs beli bensin.
    udah laaah … sekali2 pake hati nurani kalo buat pernyataan.

    saya setuju ama pak Jokowi, lbh baik buat transportasi murah & nyaman.
    skrg tuh macet dimana2 krn terlalu bnyk org pake mobil pribadi.
    knp? ya krn mereka mampu beli dan mereka takut naik kendaraan umum.
    tidak ada kenyamanan di dlm angkutan umum.

    coba kalo angkutan umumnya murah, bersih, aman. pasti org kaya jg mikir utk bawa mobil pribadi. seperti di Singapore, jalannya luancaaaarrr …. karena rakyatnya naik MRT. terang, bersih, aman, adem.
    kalo di Jakarta? hehehehe …. copet, pengamen, pengemis bebas lalu lalang di dalam angkutan kota. busnya penuh sesak, berdiri, jalannya ngepot2. dimana letak nyamannya?

    HIDUP PAK JOKOWI … !!

  • bejo 4 years ago

    klu saya setuju setuju saja asal tdk tahun2 ini mobil murah di jual,tapi 5 tahun ke depan minimal,justru infrastukturnya dulu di benahi,di bangun jalanan yg banyak,ada banyak mobil,jalanny g ada tinggal tunggu waktu aja bakal terjadinya super macet di seluruh kota,kalau di china mbil 13jt ada semua orang bisa beli,tapi coba liat sebelum mobil itu muncul,infrastuktur disana sudah sangat memadai…,kalau saya lebih setuju pemerintah fokus transportasi massal yg murah aman nyaman…Merdeka

  • LIDYA 4 years ago

    Saya pengusaha, mampu beli mobil tersebut. Tapi saya gak akan beli mobil itu walaupun murah, bagus saya mikir gimana muterin duitnya agar ini usaha tetep bisa jalan yang makin kesini makin kembangkempis aja jalannya. Semua bahan naik, variable cost naik, fixed cost lebih naik lagi (listrik n air naik bertahap), sementara harga jual ga bisa naik, kalo naik org ga mau beli.
    Pusing tau pak menteri. Kok bisa2nya bilang rakyat kecil butuh mobil, apalagi pakai embel2 ini hak rakyat. Wong sy yang mampu aja gak butuh tuh mobil apalagi rakyat yang benar2 berpenghasilan pas2an. Rakyat yg mana sih Pak? Rakyat anggota partai yah pak?
    Saya bukan pendukung jokowi ahok bahkan sy alergi sama pejabat2 di indonesia, tapi nurani sy masih jernih utk melihat mana yg bener mana yg salah.

  • greg subanti 4 years ago

    Urutan yang benar adalah Sembako murah, rumah murah, transportasi umum murah - baru mobil murah. Semurah-murahnya mobil murah, gak akan di bawah 70juta. Herannya pemerintah lebih prioritaskan mobil murah, ngatur sembako aja belum becus. Itu kebijakan pro kapitalis, wong rakyat masih jerit2 karna harga kedele, ayam potong dll yang masih tak terkendali - walau pemerintah sudah janjikan harga akan turun…

  • herman 4 years ago

    maksud mentri, kita beli mobil murah, biar kita tinggal dimobil, mandi di toilet umum saja.. ahaha.. nasib indonesia dipimpin sm orang2 seperti mentri kita ini.. kasihan indonesiaku.

  • espe 4 years ago

    Dear all,

    Yang namanya ” MURAH ” itu sangat relatif, bagi mereka yang berkantong tebal > 76 juta itu harga yang ” MURAH ” tapi bagi kita yang pas-pasan atau malah serba kurang angka > 76 juta itu sesuatu yang sangat ” MAHAL “. Jadi mari kita tempatkan diri kita pada kemampuannya yang ” PAS “, kalau kita memang belum mampu beli mobil yang katanya ” MURAH ” ya jangan dipaksakan pusing2 sampai nggak bisa tidur, itu namanya menyiksa diri kita sendiri nanti malah ujung2nya sakit. Nah kalo udah sakit lalu siapa lagi yang menanggung diri sendiri kah? orang lain kah? pemerintah kah? itu logisnya.

    Salam

  • Semprit 4 years ago

    Tidak begitu setuju dengan mobil murah karena:
    1. Sekarang aja meski tidak ada program mobil murah jalanan sudah macet karena pertumbuhan jalan tidak seimbang dengan jumlah kendaraan. Perasaan juga semakin tahun rata-rata kecepatan berkendara semakin melambat. Ini akan membuat kemacetan semakin parah dan penggunaan BBM akan semakin boros.
    2. Konsumsi BBM terutama premium akan semakin membengkak. Bukankah pemerintah sudah lama pusing dengan besarnya angka subsidi BBM lantas kenapa sekarang malah membuat program semacam ini? Apa ini tidak aneh?
    3. Angka kecelakaan akan semakin meningkat karena semakin padatnya kendaraan di jalan. Tahu sendiri kan bagaimana rata2 kebanyakan orang Indonesia kalau berkendara di jalan raya? Susah disuruh tertib.
    4. Akan mematikan transport publik. Dulu sebelum krismon rit bus AKDP di depan rumah saya bisa 2x/jam dari jam 2 pagi sampai jam 7 malam tapi saat ini hanya 6 rit/hari. Jam 1 siang sudah rit terakhir. Begitu juga dengan angkot. Kalau dulu tiap 15 menit ada angkot lewat tapi sekarang 1x/jam bahkan kadang 1x/2jam. Itupun ritnya juga cuma 4-6/hari. Saya tidak bisa membayangkan beberapa tahun ke depan mungkin akan lenyap selamanya tuh angkutan publik.

  • juslove 4 years ago

    sebenarnya program mobil murah cukup bagus dan menjanjikan. hanya saja ada beberapa kritik:
    1. sebaiknya dibangun dulu infrastruturnya, jalan2, jembatan, dll serta perbanyak transportasi masal yg aman dan nyaman khususnya kereta dengan tujuan jika terjadi kemacetan masyarakat memiliki alternatif lain utk sampai ke tujuan. harus diingat bahwa pertambahan kendaraan lebih cepat daripada ruas jalan, apalagi dengan adanya program mobil murah ini.
    2. sebaiknya mobil tidak menggunakan bbm karena bertentangan dengan keinginan pemerintah sendiri untuk mengurangi pemakaian bbm bersubsidi. pasti yg digunakan bbm bersubsidi. namanya juga yang beli menengah ke bawah. juga bertentangan dengan keinginan mengurangi global warming. (piye to iki?)
    3. sebaiknya produksi dalam negeri dengan bahan lokal >80%. saya dengar bea masuk nol persen. berarti ini produk luar juga? weleh-weleh.
    4. sebaiknya harga di bawah 50jt. kalau harga masi spt ini bukan murah namanya. yg beli pasti menengah ke atas juga.
    5. timingnya kurang tepat karena menjelang pemilu. orang akan curiga ada unsur politik (padahal mungkin saja tidak ada). orang akan bertanya mengapa bukan dari tahun2 lalu atau ditunda setelah pemilu th depan?
    mereka yg mendukung pasti udah punya rencana mau beli mobil ini kan? hayo ngaku saja. saya juga sedang berpikir untuk beli padahal mobil udah ada 2. he3x. peace!

  • Anjar 4 years ago

    istimewa tulisannya bro..

    menurut saya, memang kebijakan pemerintah yang membolehkan/mendiamkan/mendorong adanya mobil murah ini NGAWUR KERAS, karena :

    - kita lebih butuh rumah “murah” daripada mobil “murah” (survey aja kl ga percaya, kita lebih butuh rumah murah atau mobil murah)

    - di jkt dan kota2x lainnya udah sangat macet dan sedang giat2xnya bikin program pengurai kemacetan.. ini kok malah ngasih PR baru

    - saya jadi inget slogan hemat energi, kapan hari pemerintah juga lagi ada program mencari solusi energi yang terbarukan dan juga program pengendalian pencemaran udara… kemana semua tuh program itu??

    - kemarin abis Teriak2x soal Subsidi BBM yang bengkak -> Naikkan harga BBM -> BBM bersubsidi hanya utk rakyat kecil -> keluarkan mobil murah untuk rakyat kecil -> mobil murah wajib pake BBM non subsidi

    Tentang BBM ini, Serunya.. sehabis naikkan harga karena subsidi membengkak katanya (seolah2x pertamina bakal rugi), eee agustus kemarin ada pengumuman bahwa PERTAMINA catat rekor dengan laba.. GILA ga tuh! si Dahlan Iskan pake ngadain syukuran lagi..
    Kenapa ga PERTAMINA itu dibuat NOL aja ya neracanya, jadi keuntungannya di balikan ke rakyat dalam bentuk untuk subsidi untuk BBM atau jual BBM tanpa untung untuk rakyat.. kan itu perusahaan negara/rakyat yang ngambil sumbernya di tanah milik negara/rakyat juga? kenapa mau ambil untung dari rakyatt??

    alhasil, saya yakin pemerintah tau tentang hal2x ini.. tapi memang pemilu butuh dana GEDE dan produsen2x mobil itu punya kantong GEDE..

    Itu pendapat saya..

  • riokoyo 4 years ago

    Yang diuntungkan dari program ini adalah : 1. Produsen pembuat mobil yang katanya murah utk rakyat, karena dagangannya laku; 2. Kementrian Perdagangan yg mengeluarkan proses ijin dan income pajak serta ” setoran siluman lainnya; 3. Pihak Leasing yang akan kebanjiran pembiayaan, mau kaya mau miskin, gak peduli, yang penting kredit dikucurkan, setoran tiap bulan masuk. Tidak mampu bayar kendaraan tarik lagi, yg penting DP sdh masuk. Yang dirugikan kita sebagai pengguna jalan, karena semakin padat kendaraan pribadi, public transport semakin gak nyaman karena dianggap sdh punya mobil pribadi, harus bayar kredit dalam jangka waktu yang cukup lama, sementara nilai kendaraan akan mengalami penyusutan, saat dijual kembali harga turun drastis. Jadi masih tertarik dengan mobil murah? Jumlah jalan yang dibangun sejalan dengan dukungan para pengusaha otomatif di balik itu semua, jalan semakin lebar, maka mobil pasti semakin banyak, maka untung buat pengusaha otomotif, buntung buat kita pengguna jalan….

  • mini 4 years ago

    menteri nya lbh bagus di kirim ke pedalaman aja, spy jgn asal ngomong, emang 70 jt gampang di cari, makan aja dah terancam.

  • herdyyanto 4 years ago

    jadi pengusaha di jpn untungnya kecil coba bayangkan untuk merakit 1 mobil di jpn harus bayar karyawan 20 jt/orang( gj pokok ),di indonesia merakit 1 mobil 3 jt/orang( gaji pokok ) sedangkan harga mobil lebih besar dr harga di jpn. enak kan pengusaha jpn yg di luar negeri cuman kelon aja di bayar .tinggal pemerintah indonesia dalam membuat kebijakan pro rakyat apa tidak

  • herdyyanto 4 years ago

    mobil murah pabrik komponennya pabrik jepang yang di indonesia harganya lebih tinggi dari harga di jepang tp bayar gajinya 1/10 gaji jpn makmur sekali ya pengusaha jpn padahal bahan bakunya dr indonesia dg harga murah. hebat pemerintah indonesia menipu rakyat tinggal jokowi ahok harapan rakyat cepetan deh pak jokowi jadi presiden mkn amburadul nih negara bikin kebijakan yg bener2 pro rakyat

  • herman 4 years ago

    yang dibutuhkan bukan mobil tapi rumah murah dipinggiran ibukota, developer makin semena” dengan DP rumah yg menggila

  • Joko S 4 years ago

    disatu sisi kita disuruh hemat BBM, disisi lain ditawari mobil murah. Disatu sisi kita dianjurkan untuk naik angkutan umum untuk mengurangi kemacetan jalan, disisi lain ditawari mobil murah yang berpeluang membanjiri jalan raya.

    terus maunya pemerintah seperti apa ???? lak podo wae

  • Nanang 4 years ago

    Wong saya yang kerjanya di bank saja belum sanggup beli mobil, syukurnya rumah ada, dengan penghasilan 10 jutapun kalau ada saja 2 anak, bakal keberatan beli mobil murah, Pak menteri ini ketinggian lihatnya, dibandingkan dengan Eropa kali ya Pak menteri, atau ada kepentingan 2014′ makanya diteken tuh kebijakan yang membangkang Presiden (mengurangi subsidi BBM)

  • Tuahman Saragih 4 years ago

    Jumlah mobil dan supply mobil erat hubungannya dengan jalan raya. Yang jadi masalah sekarang adalah tersedianya jalan yang cukup untuk menampung semua kenderaan yang lewat. Yang ada Indonesia hanya memiliki jalan yang tidak terlalu lebar sehingga tidak mampu menampung perrtumbuhan jumlah kenderaan. Apabila hal ini tidak terakomodir perlu dibuat kebijakan lalulintas di daerah macet yang sebelumnya pernah diusulkan sistim plat mobil genap ganjil.
    Kita sering hanya sebatas issu tapi lambat action…
    Silahkanlah dibuat kebijakan pengaturan lalu lintas yang memadai sehinngga terhindar dari macet….macet….dst

  • pesanjaketku 4 years ago

    rakyat tidak butuh mobil murah, RAKYAT BUTUH SEKOLAH MURAH, SEMBAKO MURAH, RUMAH MURAH, URUS INI URUS ITU GAMPANG, CEPAT DAN MUDAH…

  • sawunggalih 4 years ago

    Katanya negara qita negara agraris….nyatanya beberapa hasil pertanian masih ada yang inpor….bahkan akhir-akhir ini ribut masalah kedelai bahan baku tempe tahu….pengrajin tempe tahu menjerit krn harga melangit, pertanian tidak maju….katanya negara maritim, tapi nelayan masih miskin….bibit unggul untuk pertanian susah didapat, pupuk mahal…jenis anggrek di dunia 55% nya ada di indonesia….tp kita bukan penghasil anggrek terbesar di dunia….sekarang urus dulu pertanian kita supaya kita bisa swasembada pangan sendiri, kita memiliki lahan pertanian sangat luas….ciptakan bibit unggul….distribusi pupuk yang benar….berikan cara yang baik benar bagi nelayan untuk menangkap ikan di laut supaya hasiil tangkapan mereka banyak….kalau itu semua bisa dilakukan otomatis rakyat pendapatan akan meningkat…rakyat akan sejahtera…..jangankan akan beli mobil murah….beli mobil sekelas bmw akan mampu…….

  • dewi fira 4 years ago

    masih banyak hal yang lebih penting dipikirkan untuk rakyat…
    tapi saya jadi ngebayangin…itu jalanan cukup nggak ya menampung kendaraan beroda empatbyang semakin buanyuaaak?

  • yanto 4 years ago

    dody itu gak punya otak,otaknya di dengkul…

  • who am i 4 years ago

    awas kena boong….
    sebelom ada mobil murah LCGC, harga mobil seperti estilo emang 70jt-an off road….tapi banyak orang gak tau harga ini.
    sekarang keluar mobil murah LCGC dgn harga 70jt-an…sama2 off road juga
    pikir2 dulu deh…, mana sekarang mobil LCGC gak bisa minum bensin subsidi…
    jadinya bukan murah malah boncos…..

  • igasbujang 4 years ago

    mungkin itu strategi pemerintah biar pada naik kendaraan umum. mkin bertambah jumlah kendaraan,kn makin macet. mau tdk mau ya kendaraan umum,

  • MizTia 4 years ago

    nah, rela lapar demi mobil. => mustahil :D .

  • zapper 4 years ago

    Katanya mobil murah ditujukan untuk rakyat kecil. Kok ada pernyataan pemerintah wajib pakai bensin non subsidi. Untuk mobil laen gak ada tuh pernyataan wajib bensin non subsidi. Salah satu kebijakan paling “aneh” pada masa sby. Bingung aku..

  • zapper 4 years ago

    Katanya mobil murah ditujukan untuk rakyat kecil. Kok ada pernyataan pemerintah wajib pakai bensin non subsidi. Untuk mobil laen gak ada tuh pernyataan wajib bensin non subsidi. Salah satu kebijakan paling “aneh” pada masa sby. Bingung aku..

  • Bayupatti 4 years ago

    Produsen Mobil Murah menyisihkan dana keuntunganya buat kepentingan 2014 makanya pada ngotot…. bukanya dukung sembako murah malah mobil murah… mobil karya putra negri seperti esemka tidak ada satupun yg dukung… jadi yaa mana cita cita Mobil Nasional heuheu.. mimpi kali yeee..
    Beberapa waktu lalu pemerintah bilang subsidi BBM jebol naikan harga BBM eh sekarang dukung mobil murah yg akan nambah nyedot BBM pulaa… kebijakan kok tumpang tindih. keliatan banget ada udang di balik rempeyek heuheu

  • Ordinary Man 4 years ago

    murah harga on the roadnya 120 juta… kategori murah untuk ukuran pak menteri yang mungkin bisa beli bentley sambil merem…

    satu lagi yang “lucu” dari Pak menteri yaitu mobil murah booming di makassar, solo, dll. Kalo orang beli mobil di Solo trus dipake di jakarta yang menderita ya orang jakarta donk… macet setiap saat… makin keliatan bahwa pemerintah ini adalah untuk memakmurkan prinsipal otomotif dunia… bukan untuk rakyat…

    suwun…

  • Antonius Dian 4 years ago

    Menurut saya apa yang dikatakan pak Budhi jg benar tapi yang jadi masalah mobil murah yang di Indonesia sekarang itu bukan mobil nasional jd tidak bisa disamakan dengan di China. Dengan komponen2 yang masih impor gk mungkin harga 1 mobil bisa mencapai 13 juta per unit smp kapanpun. Jadi kondisi yang terjadi saat ini adalah rakyat kecil bukannya tidak butuh dengan mobil murah tapi tidak bisa membeli mobil murah itu sehingga apa yang dikatakan pak Menteri kita itu salah besar dan tidak sesuai dgn kondisi yg ada skrg.. Menurut saya rakyat kecil lebih butuh rumah murah, kebutuhan pokok murah dsb nya daripada mobil murah…

  • Sofyan 4 years ago

    Adanya program mobil murah yang sebagian besar suku cadangnya dari luar negeri jelas-jelas pemerintah sekarang sudah tergantung pada negara-negara asal merk-merk mobil yang notabene juga pemberi hutang pada negara Indonesia.Selain itu Pemerintah tidak peka sama sekali,bahkan sudah buta terhadap kondisi rakyatnya yang masih banyak sekali yang miskin.Kenapa tidak membuat PROGRAM SEMBAKO MURAH,PENDIDIKAN MURAH ATAU TRANSPORTASI UMUM YANG MURAH ?.Memang banyak pejabat-pejabat kita yang pinter sehingga saking pinternya sampai-sampai tega minteri atau bahkan MENIPU RAKYATNYA SENDIRI.PERTANYAANNYA SEKARANG ADALAH YANG BENAR-BENAR BODOH SAAT INI RAKYATNYA ATAU PEJABATNYA?????? MOHON DIJAWAB DENGAN HATI NURANI serta sesuai keyakinan agamanya masing-masing.

  • Aracinta Lingkungan 4 years ago

    Saya setuju dgn pendapat fasilitas dulu yang ditambah. Bukan memurahkan mobil, karena belum saatnya.
    Pebaikan Fasilitas umum akan lebih baik, membuat ramah lingkungan.
    MRT adalah program brilian.
    Klao di bilang negara lain sudah mulai memurahkan mobil, bahkan cina bisa rp 13 jt, coba lihat secara lebih makro. Budaya kita terutama byk penguasa dan wakil rakyat saat ini belum punya nurani. Salut utk Jokowi, yang saya yakin ketidak setujuannya beralasan.
    Apa benar memang mobil murah (saat ini) utk rakyat kecil???
    Kenapa tidak “membesarkan” dan memanusiakan rakyat kecil dulu bukan dengan mobil tp dengan fasilitas umum (MRT misalnya)

    Mari dukung pemanusiawian rakyat kecil.

  • dody 4 years ago

    Saya dukung program pemerintah ini. Saya tahu pada masa sekarang, siapapun yang melawan kebijakan pemerintah akan jadi seolah2 pahlawan, pemberani, akan cepat di kenal, dan semuanya yang seolah2 bombastis. Tapi mari kita pikir lebih bijak. Anda sadar apa tidak, ada mobil murah atau tidak jakarta sudah macet dan akan macet. selama ini kita sudah di suplai mobil murah dari Thailand (nissan march, honda brio, mist mirage, dsb) ingat itu di produksi di thailand. Dan anda tahu apa tidak, di Thailand selain ada program mobil murah juga ada program first buyer yaitu insentif sekitar 30 juta bagi pembeli mobil pertama. Okelah mungkin itu kita kesampingkan saja. Tapi, apa mau kita macet tapi itu produk dari luar? lebih baik kan kalo kita produksi sendiri, tahu apa ga untuk dapat insentif produsen harus bangun pabrik baru yang itu sampai trilyunan dan dapat menyerap banyak tenaga kerja dan indonesia akan dijadikan basis industri, ingat beberapa produk statusnya “world premier” yang artinya baru pertama kali di luncurkan di dunia itu artinya kita akan ekspor ke luar negeri, dan perlu diingat juga kandungan komponen dalam negri harus 85%, coba bandingkan dengan yang katanya “mobil nasional Esemka” coba deh di telusuri itu mobil apa, itu mobil CHINA merek Foday yang lampu depannya di ganti milik Honda CR-V dan lampu belakang di ganti milik Isuzu Panther jadi keaslian mobil china merek foday gak kelihatan, dan banyak orang percaya itu mobil nasional, (*Produsen mobil China Foday mungkin akan tertawa cekikikan lihat mobilnya di anggap mobil nasional Indonesia) hampir 100% ga ada kandungan lokal, bahkan baru2 ini aku liat mobil esemka yang akan di jual ternyata merek China “Chery Tiggo” coba aja di cek. kita harus belajar dari thailand malah mengekspor mobilnya ke amerika, dsb. kalo masalah kemacetan itu kan udah tugas pemerintah, ga usah banyak proteslah kalo jadi gubernur, kan kita bisa belajar dari singapore, Thailand, jepang dsb, bisa gunakan ERP, nopol ganjil genap dsb, jangan lupa angkutan massal di buat nyaman. meskipun banyak mobil terjual orang akan malas pake mobil, mereka pilih naik angkutan massal kalo macet dan sarana angkutan massalnya bagus. picik sekali kalo membatasi orang “ga boleh beli mobil”, coba aja cek apakah orang yang menentang ini ga punya mobil? pasti punya ! kenapa orang lain ga boleh ?ingat tahun 2015 AFTA yang berarti mobil murah seperti ini produksi Thailand / Malaysia akan masuk Indo dengan pajak 0%. produk mereka pasti akan membanjiri Indo. Mobil murah adalah tameng untuk membendung produk serupa dari Thai / Malay. jadi sekarang tinggal pilih, mau macet karena mobil dari luar (import CBU/ utuh) atau mendorong produsen produksi dalam negeri dan eksport ?

  • dody 4 years ago

    bagus menteri ini. ada mobil murah atau tidak jakarta sudah macet dan akan macet. selama ini kita sudah di suplai mobil murah program mobil murah thailang (nissan march, honda brio, mist mirage, dsb) ingat itu di produksi di thailand. apa mau kita macet tapi itu produk dari luar? lebih baik kan kalo kita produksi sendiri, tahu apa ga untuk dapat insentif produsen harus bangun pabrik baru yang itu sampai trilyunan dan dapat menyerap banyak tenaga kerja dan indonesia akan dijadikan basis industri, ingat beberapa produk statusnya “world premier” yang artinya baru pertama kali di luncurkan di dunia itu artinya kita akan ekspor ke luar negeri, dan perlu diingat juga kandungan komponen dalam negri harus 85%, coba bandingkan dengan yang katanya “mobil nasional Esemka” coba deh di telusuri itu mobil apa, itu mobil CHINA hampir 100% ga ada kandungan lokal, bahkan baru2 ini aku liat mobil esemka yang akan di jual ternyata merek China “Chery Tiggo” coba aja di cek. kita harus belajar dari thailand malah mengekspor mobilnya ke amerika, dsb. kalo masalah kemacetan itu kan udah tugas pemerintah, ga usah banyak proteslah kalo jadi gubernur, kan kita bisa belajar dari singapore, Thailand, jepang dsb, bisa gunakan ERP, nopol ganjil genap dsb, jangan lupa angkutan massal di buat nyaman. meskipun banyak mobil terjual orang akan malas pake mobil, mereka pilih naik angkutan massal kalo macet dan sarana angkutan massalnya bagus. picik sekali kalo membatasi orang “ga boleh beli mobil”, coba aja cek apakah orang yang menentang ini ga punya mobil? pasti punya ! kenapa orang lain ga boleh ?ingat tahun 2015 AFTA yang berarti mobil murah seperti ini produksi Thailand / Malaysia akan masuk Indo dengan pajak 0%. produk mereka pasti akan membanjiri Indo. Mobil murah adalah tameng untuk membendung produk serupa dari Thai / Malay. jadi sekarang tinggal pilih, mau macet karena mobil dari luar (import CBU/ utuh) atau mendorong produsen produksi dalam negeri dan eksport ?

  • faisal 4 years ago

    Kalau menurut saya, ini kebijakan yang syarat dengan kepentingan tertentu , ada bau-bau politik yang cukup menyengat hidung . kalau memang ini ditujukan untuk rakyat , rakyat yang mana…?

    berapa penghasilan rata-rata rakyat Indonesia ?

    terlepas dari mendukung atau tidaknya keputusan atau masalah ketinggalan atau tidaknya masyarkat indonesia , coba lihat lagi …seberapa banyak rakyat indonesia yang lebih mementingkan membeli mobil walaupun murah dibandingkan untuk mengurus biaya makan, biaya sekolah , dan biaya lainnya …yang itupun masih susah didapat .

    Tidak semua rakyat memiliki pola pikir sama , kemampuan sama .saya bukan simpatisan Jokowi ..tapi saya mendukung proyek transportasi Massal dan ini memang solusi terbaik saat ini.

  • mamase 4 years ago

    CMIIW.. kalo saya baca disini..
    http://www.dapurpacu.com/mobil-murah-apbn-jebol/
    Kebijakan LCGC punya beberapa potensi negatif..

  • Aqim 4 years ago

    Rakyat butuh sembako Murah………..

  • Gekikawa 4 years ago

    Melihat suatu masalah jangan dari sudut pandang itu aja masbro. .

    Industri otomotif LCGC buka banyak peluang untuk masyarakat indonesia larena vendor part mobilnya 80 % dari Indonesia..

    masalah harga bahan pokok gk ada korelasinya dengan dikeluarkannya mobil murah,, memangnya kalau mobil murah dibatalin bisa harga pokok murah?terus angkutan umum biayanya murah?

    tetap saja angkutan umum mahal, bahan pokok mahal kalau gk melakukan manajemen kebijakan pangan yang benar dan manajemen transportasi yang benar. .

    jadi liat dari konteks bahasanya, karena kita juga bisa bilang,, rakyat gak butuh mobil murah rakyat butuh sekolah gratis dan kesehatan gratis. . tp apa benar begitu?

    kalau dibalik dengan “ditiadakannya mobil murah rakyat akan mendapatkan pendidikan gratis dan kesehatan gratis..”

    Benar begitu juga?kita harus lebih lihat secara utuh dan lihat pokok masalahnya dimana. .

    No offence, keep peace..

  • abdul rauf 4 years ago

    nih linknya dichina macetnya kaya apa :
    http://otomotif.kompas.com/read/2010/08/24/12393513/Ckckck.Macet.di.China.Panjangnya.100.km

    bahkan china sudah mengurangi pembelian mobil baru :
    http://theglobejournal.com/spotlight/atasi-macet-china-batasi-pembelian-mobil-baru/index.php

    kebayangkan?

    solusinya adalah transportasi massal murah, aman dan nyaman..

  • ama 4 years ago

    Saya setuju dg mas katedrajawen…kayaknya si bpk menteri gak baca data ketimpangan distribusi pendapatan rakyat indonesia deh. Dimana 40% rakyat kita itu pendapatannya dibawah 750 rb/bln, kemudian 40% s/d 90an% dibawah 1,5 jt/bln n hanya kurang dari 10% yang diatas 3 jt/bln. Apa iya dengan pendapatan segitu rakyat kecil mo beli mobil???
    Terus blm lg speksifikasi teknis yang dipersyaratkan…gak ada yg mungkin bisa dipenuhi oleh produsen dalam negeri…fyuuh…cape de

  • abdul rauf 4 years ago

    saya bingung dengan kebijakan pemerintah mengenai mobil murah ini, kalau dia bilang untuk masyarakat kecil (masyarakat yang mana ya??).. ingat betul pada saat pemerintah menaikkan harga premium karena untuk mengurangi defisit anggaran, tetapi koq malah mengeluarkan kebijakan ini ya? emang ni mobil murah ngga minum premium?? otomatis beban pemerintah mensubsidi premium semakin besar + mobil murah ini dibebaskan dari pajak Barang Mewah.

    yang benar tuh, pemerintah harusnya mendukung transportasi yang murah, nyaman dan aman.. mungkin kebijakan ini timbul pada saat mau pemilu kali ya? untuk cari2 tambahan.. :)

    maaf saya kurang setuju dengan pendapat dr. budhi febrian, anda tau china macetnya bisa berhari2? silahkan di google… anda bisa beli mobil murah jalanan macet ambulance untuk mengantarkan orang sakit tidak bisa jalan..

  • ismi 4 years ago

    pak.. saya lebih butuh rumah murah daripada mobil murah.. hehehehe

  • 13 monster 4 years ago

    mobil biar bagaimanapun lebih unggul daripada angkutan umum, dia tidak mengalami “last mile problem”, kapasitas angkut jauh lebih baik, privacy terjaga dan tersedia setiap saat. dari sisi investasi juga lebih mudah karena terdistribusi otomatis tergantung kemampuan ekonomi, pemerintah tidak perlu menghambur2kan bertriliun-triliun uang rakyat seperti pada pembangunan MRT atau Monorail atau infrastruktur khusus lainnya.

    Yang diperlukan sebenarnya daya dukung yang lebih baik, jalan yang lebih banyak, jalan yang lebih luas, kendali intersections yang lebih mumpuni, pembatasan akses pada ruas jalan tertentu (ERP) dan subsidi yang lebih terkendali pada bahan bakar.

    Sehingga di masa depan “Indonesian Dream” bahwa setiap keluarga kecil (ayah, ibu, dan dua anak) dapat menempatkan sebuah mobil yang bagus dan murah di setiap garasi rumahnya dapat segera terwujud … :D

  • Kukuh Basuki 4 years ago

    PENDIDIKAN & KESEHATAN MURAH dulu… baru MOBIL MURAH… itu juga kalo pemerintahnya pinter…

  • cipluk 4 years ago

    ha ha ha
    pemerintah dan pejabat sekarang terlalu pinter
    saking pinternya jadi guooblookk…
    dia kira rakyat bodoh semua ,
    saya punya motor harga 12 juta
    mau ganti ke mobil murah
    ya maximal harga mobil murah nya 20 juta
    kalau diatas 70 juta bukan mobil murah namanya
    namanya Guoooooooblok …………..

  • baratambora 4 years ago

    Lho kan memang sudah lama sekali menteri-menteri kita sangat tidak mengerti keinginan masyarakat, yang membuat konsep mobil murah kan toyota / daihatsu…..menteri tinggal menyediakan kop surat, tanda tangan, cap dan pengumuman resmi atas pengendalian penuh pihak pabrikan…..

    seo posicionamiento

    posicionamiento eficaz

  • Kampiun 4 years ago

    Maksud mobil murah adl menghemat subsidi bbm tapi berani bertaruh pasti nanti banyak yg mengisi mobilnya dg premium bukan pertamax shg subsidi bbm makin jeblok, yg diuntungkan oleh adanya mobil murah adl perush asing dan itulah akibat jika pemimpin kita berpandangan neo liberalisme.

  • piyu 4 years ago

    mobil yg terjangkau itu penting, bbm murah penting, infrastruktur penting, pembangunan merata penting, panghasilan >10juta per bulan penting, yg sudah maju duluan ya bagus, tinggal yg lain harus segera mengikuti, kalo blum bisa beli meski sudah murah ya cpet berdoa & cari usaha lain, smua seneng kan kalo bisa punya mobil, kalo macet ya tugas pemerintah segera bikin jalan yang besar & pemerataan pembangunan, jangan jakarta aja yg dibangun, biar ga numpuk di jakarta.
    GITU AJA KOK REPOT,.

  • kurniawan 4 years ago

    kalau saya mau beli mobil, saya nggk bakal mau beli mobil murah (kagak aman, tidak ramah lingkungan). saya sangat berharap pada angkutan masal seperti mrt.

    indonesia kurang angkutan masal, bukan kurang mobil murah.

    yang berkuasa berpikir dengan program mobil murah untuk rakyat dapat menjegal jokowi. semoga jadi bumerang balik.

  • MS Hidayat 4 years ago

    Saya setuju dgn pendapat di atas. Memang sebaiknya korupsi diberantas sampai tuntas dan sholat 5 waktu jgn pernah ditinggal.

  • dr. Budhi Febrian PJ 4 years ago

    Assalamualaikum Wr Wb, menurut pendapat saya apa yang ditempuh pak Menteri sudah benar, China telah mampu merakit mobil murah dengan harga 13juta/unit, lihat http://www.infonews.web.id/2013/03/mobil-murah-ig-seharga-13-juta-rupiah.html , Indonesia yang akan memasuki era persaingan global juga perlu memajukan industrinya agar bisa diekspor juga ke luar negeri, kalo tidak dimulai dari sekarang, Indonesia akan ketinggalan jauh dalam bidang Industrinya.Semoga rakyat kecil yg berpenghasilan kecil dapat mencicil untuk membeli mobil seharga 13juta tersebut..kasihan bila mereka punya anak 2 bila bepergian harus panas2an, orang tuanya sakit harus ngantri nyetop angkot. Sekarang mungkin baru rakyat kelas menengah yang bisa merasakan manfaatnya. Tapi Semoga tak lama lagi mas katedrarajawen yang rendah hati ini bisa membeli mobil murah tersebut. Aamin..Mau kan mas beli mobil bagus tapi harganya murah? Semoga dengan majunya industri mobil di Indonesia, harga mobil juga akan semakin murah… Mari dukung kebijakan mendagri…Wslm Wr Wb

  • aziza 4 years ago

    buat makan aja susah kok malah beli mobil??? rakyat kecil yg mana ??

  • gedeari 4 years ago

    Saya sendiri kurang setuju dengan wacana mobil murah ini, emang apa manfaatnya? Kalau semua orang punya mobil, bagaimana dengan kendaraan umum?

    Kalau ada mobil murah, bukankah jumlah kendaraan di jalan bakal bertambah dengan pesat padahal panjang jalan tidak bertambah dengan begitu mudah.

-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post