Ya Ampun, Mau Makan Saja Masih Mengeluh!

2 Oct 2013

Saat menahan sedikit lapar karena menunggu hidangan saja masih mengeluh. Bagaimana sedang dilanda kelaparan? Apakah rasa syukur itu masih akan ada?

Baru-baru ini saya bersama kawan makan di sebuah mall. Saat sudah duduk rupanya tak segera dilayani berhubung sedang ramai pengunjung.

Kawan ini berinisiatif memanggil pelayannya dan minta daftar menu. Setelah pesan cukup lama, belum diantar juga pesanannya. Rupanya teman ini sudah tak sabaran karena perutnya sudah minta diisi.

Mulailah keluhannya keluar. Komplain soal pelayanan yang lelet yang menyebalkannya sampai berniat membatalkan pesanan.

Saya berusaha menenangkan untuk memaklumi keadaan yang memang sedang ramai. Apa salahnya duduk manis menunggu hidangan. Kenapa mau makan masih harus mengeluh pula?

Sekali lagi pelayan dipanggil untuk menanyakan pesannya. Manager restaurannya sampai datang untuk menjelaskan dan minta maaf. Dijanjikan pesannya akan segera diantar.

Ya ampun mau makan saja harus pakai repot. Saya mengalihkan perhatian dengan melihat-lihat saja brosur yang ada.

Akhirnya datang juga pesanannya. Puas? Ternyata belum. Setelah mencoba satu suap keluhan keluar lagi. Menunya kemanisan komplain teman ini. Dipanggil kembali pelayannya untuk minta kecap asin dan cabai rawit. Ketulan di meja tidak tersedia.

Jadi selamjutnya makan sambil mengeluh itulah yang terjadi. Saya merasa suasana jadi tidak nyaman. Waktunya makan untuk menikmati rasa dan suasana malah yang didapat keluh-kesah.

Ternyata makanan yang dinanti-nanti itu tidak dinikmati sampai habis, sehingga banyak yang tersisa. Saya mengingatkan. Sayang makanan disia-siakan. Tapi alasannya sudah kenyang dan tak berselera.

Ya ampun, mau makan saja harus keluh-kesah sampai akhirnya malahan tidak berselera dan makanan tak sayang disia-siakan.

Saya juga tidak mau merusak suasana hatinya lagi dengan ocehan saya. Cukup saya diam-diam mencatat dalam hati dan mengingat di pikiran sebagai pembelajaran.

Eh, betul begitu ya mengambil pembelajaran? Tapi sepertinya saya pun ikut mengeluh juga karena masalah teman ini? Mengeluh tentang orang yang mengeluh ha ha ha Dasar tak tahu diri dan tukang omong kosong!


TAGS


-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post