Ada Keajaiban Bila Ada Keyakinan, Usaha, dan Doa

3 Dec 2013

“Ketika kita mau mencoba melakukan hal-hal yang kelihatan mustahil, maka akan ada keajaiban yang terjadi. Dengan usaha tekun dan doa, hal yang kelihatan mustahil itu akan menjadi nyata.”

KERJAKAN, BUKAN SIBUK MEMBICARAKAN

Pengalaman ini saya alami ketika bekerja di pabrik pemotongan batu alam. Bahan baku sesuai perhitungan sudah cukup untuk pengerjaan pengiriman yang akan dieksport.

Tetapi kenyataanya pas pada pengerjaan terakhir kekurangan satu balok. Jenis bahan batu itu termasuk langka karena itu sudah tidak diproduksi lagi.

Waktu itu sudah menjelang tengah malam.
Kami berusaha mencari, barangkali masih ada stok yang tersisa. Benar saja, kami menemukan satu balok ukuran yang besar. Namun masalahnya baru tersebut berada di tengah-tengah tumpukkan batu lainnya.

Kami mendiskusi cara untuk mengeluarkannya. Dengan peralatan yang sederhana dan waktu yang mepet, teman-teman pasrah. Karena yakin tidak mungkin bisa mengeluarkan batu tersebut. Semua angkat tangan. Pasrah.

Saya berpikir keras dan merasa bertanggung jawab atas pengerjaan ini. Lalu saya katakan,”Kalau kita cuma mendiskusikan, maka tidak ada penyesaiannya. Sekarang kumpulkan orang-orang, kita mulai kerjakan bersama-sama.”

USAHA DAN TEKUN ITU KUNCINYA

Saya turun ikut membantu tengah malam itu dan membagi tugas. Ada yang membersihkan puing-puing batu bekas pemotongan yang menghalangi. Menggunakan forklif memindahkan batu-batu yang lebih kecil. Ada yang membelah batu yang hendak dikeluarkan.

Batu yang besar itu tidak mungkin diangkat dengan forklif karena kapasitasnya tidak memadai.

Terpaksa batu itu dibelah terlebih dahulu dengan memahatnya. Bukan pekerja mudah.
Saya berusaha menyemangati dan meyakinkan. Melupakan sejenak siaran langsung sepak bola yang sedang ditunggu-tunggu sebenarnya.

Memerlukan waktu sekitar dua jam dengan usaha keras dan tekun. Akhirnya menjelang pagi batu tersebut dapat dikeluarkan untuk dipotong sesuai ukuran.

Walau semua tampak lelah. Tapi kelihatannya puas. Karena usaha keras bersama itu membawa hasil yang dikehendaki.

Kesimpulannya. Apapun sulitnya pekerjaan kalau mau dikerjakan bersama-sama dengan tekun, maka pekerjaan yang dianggap mustahil pun akan menjadi keajaiban.[KR]

@motivasidiridipagihari


TAGS keyakinan motivasi


Comment
-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post