Kahiyang

12 Nov 2014

Kahiyang Ayu, putri kedua Presiden Jokowi sedang menjadi sorotan. Sebab diajak ke luar negeri untuk tugas resmi. Dari sekadar bicara, membela, kritik sampai nyinyir pun ada. Banyak yang sibuk menilai. Antara baik dan buruk. Di media sosial ramai menyindir. Tetapi ada pula anggota dewan yang biasanya kritis sama Pak Jokowi adem ayem.

Apa perlunya? Apa pentingnya? Sebagai apa ia ikut bapaknya? Ini memboroskan uang negara! Tidak ada yang salah presiden ajak anaknya, presiden negara lain juga begitu! Ini tidak menyalahi aturan, presiden boleh ajak istri atau anaknya bila sedang bertugas ke luar negeri. Silahkan saja presiden ajak anaknya! Itu sudah rejekinya sebagai anak presiden!

Entah ada yang karena dasarnya memang tidak suka bapaknya, sehingga sang anak terbawa-bawa kena getahnya. Entah karena pendukung bapaknya, sang anak pun dibela mati-matian. Entah karena iri untuk mencemburui atau entah karena simpati untuk mendukung Kahiyang.

Di sini pada ribut mengumbar energi. Sementara Kahiyang sedang menikmati dunia barunya sebagai anak presiden. Sudah nasibnya jadi anak petinggi negeri nomor satu, sehingga berkesempatan menikmati nasib baiknya.

Yang jelas tentu sebagai anak presiden tidak selamanya bisa menikmati yang enak-enak. Di kawal ke sana-sini. Diajak jalan-jalan sama bapaknya keliling dunia. Yang pasti kebebasan sebagai anak yang sedang bertumbuh menginjak dewasa akan terbatas. Sebab apa pun yang dilakukan selalu dalam sorotan. Belanja ke pasar saja jadi berita. Mendaftar jadi PNS jadi berita pro dan kontra. Belum lagi nanti soal pilihan jodoh.

Orang-orang sibuk menilai Kahiyang, saya sibuk menilai orang-orang sekaligus Kahiyang. Bagaimana Kahiyang menilai orang lain yang menilainya? Cuek atau berpikir, kenapa pada sirik sama saya ya?

Susah memang menjernihkan hati ini untuk sehari saja tidak menilai hidup orang lain, sehingga bisa memiliki hati yang netral. Melampaui baik dan buruk. Lebih melihat ke dalam diri sebagai cermin.

katedrarajawen@pembelajarandarisebuahperistiwa


TAGS


-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post