Hidup Penuh Masalah

2 Oct 2015

Hidup Penuh Dengan Masalah 

 

Bosan dengan masalah yang datang silih berganti dalam hidup ini dan berpikir kapan akan terbebas masalah? Jangankan sewaktu hidup orang mati saja akan menghadapi masalah.   

Jadi adalah pemikiran yang konyol apabila menjalani hidup ini terbebas dari masalah. Masalahnya masalah akan menjadi masalah atau tidak semua kembali kepada kita menyikapi. 

Sejatinya hidup ini adalah lautan masalah. Jadi ketika sudah hidup di dunia ini tak perlu takut dengan masalah. Sebab kita akan selalu menjumpai masalah. 

Yang terpenting adalah kita dapat bijak menghadapi masalah yang datang dimana seakan tanpa henti itu. Sebab masalah itu adalah bagaikan batu ujian untuk meningkatkan kualitas diri kita. 

Ketika kita mampu menghadapi dan cerdas menyelesaikan setiap masalah yang ada, maka akan membuat kita semakin baik dan tangguh menghadapi kehidupan ini. 

Sebaliknya bila kita selalu takut dan mengeluh dengan segala masalah yang ada, maka itu akan membuat kita tenggelam dalam lautan masalah. Jangan salahkan siapa-siapa selain diri sendiri. Sebab masalahnya ada pada diri kita. 

Sungguh menyedihkan bila setiap ada masalah hanya sibuk mengeluh dan menyalahkan. Selain hanya akan melemahkan diri juga akan menyakiti baik diri sendiri maupun orang-orang yang kita cintai. Lalu yang pasti takkan menyelesaikan masalah. Itu pasti. 

Bila hidup hanya mau yang enak-enak tanpa masalah iiu sama saja hanya mengharap terang dan menolak gelap.  

Bila kita mampu untuk berdamai dengan masalah yang ada dengan suka cita bahwa masalah akan membuat kita semakin dewasa dan bertambah bijak. Apakah masalah masih akan menjadi masalah? 

 

Afirmasi: Apapun masalah yang datang silih berganti, pasti aku dapat menghadapi dan menyelesaikannya dengan kemampuan yang telah Tuhan karuniakan. Aku tahu bahwa dengan adanya masalah membuat aku semakin dewasa dan berkarakter.


TAGS refleksihati


Comment
-

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post