• 2

    May

    TAKUT TUHAN , HORMATI ORANGTUA

    Takut akan Tuhan dan Hormati orangtua, ajaran spiritual dan moral etika yang penting untuk ditanamkan pada seorang anak sejak dari kecil untuk menuju kepada kehidupannya kelak…. Pada suatu siang _belum lama ini _ istri menelepon dan melaporkan , “Pi, baru aja nih diceramahi sama anak kamu !” “Memang kenapa , kok diceramahi ? ” Saya menanggapi dengan rasa penasaran . “Tadi , habis pulang sekolah dan udah selesai makan , dia saya suruh tidur , tapi gak mau , mau main dulu katanya. Kalau ngantuk nanti juga tidur . Tahu sendiri , kan , kalau udah main ?! “Dari seberang istri menerangkan . “Ya, biasanya kan tidur siang ?! Terus ! ” Masih dalam nada penasaran . Kemudian istri melanjutkan , “Terus saya bilang, ini anak udah
    Read More
  • 28

    Mar

    SAAT TERJATUH, SEGERALAH BANGKIT!

    Ketika engkau terjatuh, tak ada alasan untuk meratapinya, karena roh kebangkitan bersemayam didalam dirimu. Jadi, segeralah bangkit!!! //budiman-family.blogspot.com/ Umumnya bagi anak kecil, yang namanya terjatuh adalah hal biasa. Namun bila terjatuh dan tidak menangis itu lebih dari biasa bagi seorang anak kecil . Begitulah dengan si kecil seringkali sudah ia terjatuh , yang menyebabkan lecet sana-sini . Karena _ mungkin _ shionya monyet , sehingga aktif sekali , tidak bisa diam . Jarang bisa berjalan dengan pelan , maunya lari-lari . Tetapi yang saya salut sekali adalah , terjatuh bagaimana pun ia jarang menangis . Saat Terjatuh , ia akan segera bangkit dan mengusap-usap kakinya dan berkata, Gak sakit kok! Dede kan anak kuat dan cowok . Kalau jatuh gak bo
    Read More
  • 26

    Mar

    BELI HP DUA JUTA BISA, KOK BELI MAINAN DUA PULUH RIBU TIDAK BISA?!

    Sebagai orangtua semestinya , bisa mengajari diri sendiri dulu sebelum mengajarkan kepada seorang anak…. Setelah sehari sebelumnya si dede dibelikan mainan bakugan kesukaannya , tiba-tiba dia minta dibelikan lagi mainan sejenis kapal-kapalan untuk melengkapi koleksinya . Tapi saya berusaha menunda untuk menunda dengan mengatakan , nanti akan dibelikan setelah gajian, karena kemarin baru dibelikan mainan baru . Tanpa saya duga dengan miliknya yang lucu ia langsung protes , “Papi gimana sih, kemarin papi beli Hp nokia dua juta Bbsa, kok beli mainan cuma dua puluh ribu aja gak bisa ? Itu namanya gak sayang anaknya ! “ Mendengar si dede bicara demikian sedikit tidak enak hati juga . Tapi saya masih berusaha menjelaskan , “Bukannya gak mau beli, kan papi
    Read More
  • 23

    Mar

    5 HAIKU MENYAPAMU UNTUK MEMBEBASKAN

    #1 Bebaskan diri Kemelekatan cinta Damai dihati #2 Makan dan minum Sungguh indah dan nikmat Terimakasih #3 Hujan dan panas Tiada keluh kesah Kepuasanku #4 Kesal dan Marah Mengapa tak lepaskan Siksa Sendiri # 5 Senyum tertawa Ketika melepaskan Damai, bahagia
    Read More
  • 20

    Mar

    DOA PADA IBLIS ATAU PADA TUHAN SIH?

    Tanpa sadar dan sengaja, kadang kita mengharapkan yang terburuk terjadi pada orang lain. Mengapa harus demikian? Bukankah lebih baik selalu mengharapkan yang terbaik untuk orang lain? Sebelum saya pulang dari luar kota untuk liburan saya menjanjikan untuk membelikan mainan bakugan sebagai hadiah. Karena memang sudah lama tidak membelikan mainan untuknya. Kebetulan ketika PORSENI belum lama ini si kecil dengan teman-temannya dapat juara. Biasanya kalau ada acara ke Mangga Dua, maminya membelikan disana. Tetapi kali ini saya ingin membelikan didekati rumah saja. Saya menanyakan pada maminya kalau mau beli bakugan yang murah dimana. Kemudian diberikan petunjuknya. sambil jalan dengan iseng-iseng saya menyeletuk , “Semoga saja gak ketemu tempatnya.” Spontan si kecil protes,̶
    Read More
  • 16

    Feb

    YESUS DILAHIRKAN SECARA CESAR????

    Seorang anak adalah masa depan, untuk itulah sebagai orangtua kita wajib ikut menciptakan masa depan yang cemerlang itu bagi mereka Keinginan tahu si dede akhir-akhir ini sangat tinggi banyak sekali hal tentang kehidupan ia tanyakan. Dimana kadang membuat saya dan mamimya kelabakan untuk menjawab. Karena kalau jawabannya tidak memuaskan, ia akan terus bertanya dan bertanya. Salah satunya ia bertanya, “Mami, Yesus itu lahirnya melalui operasi cesar kayak dede atau melalui perut? _maksudnya dilahirkan secara normal _! ” Ketika ia pulang dari sekolah Minggu. Tentu jawabannya adalah Yesus dilahirkan secara normal pada waktu itu oleh seorang wanita yang bernama Maria dikandang domba . Mengapa si dede menanyakan hal itu yang bagi kita sepertinya hal yang sepele dan tanpa makna? Mu
    Read More
  • 22

    Oct

    KENAPA KITA LEBIH SIBUK DENGAN URUSAN ORANG LAIN???

    Tiba-tiba saya teringat sebuah lelucon yang sering saya gunakan dulu untuk membuat suasana ramai. Dan teman-teman rata-rata mau tak mau tertawa juga . Dan saya sendiri kalau mengingatnya suka geli sendiri. Memang hanya sebuah lelucon saja. Tapi saat ini setelah saya ingat lagi rasanya ada sebuah makna lain yang bisa dipetik selain mengendurkan ketegangan. Oleh sebab itu saya terinspirasi menuliskannya kembali. Sayang untuk dilewatkan. Leluconnya dulu dong ; Ceritanya tentang seorang sahabat yang kebetulan orang Madura. Suatu hari naik motor, karena terburu-buru, lampu merah dilewati juga. Tanpa disangka ada polisi yang melihat kelakuannya. Priiitt! Suara peluit pak polisi menghentikan laju motornya. Polisinya membentak, ” Kenapa lampu merah masih jalan juga?! Mana SIM dan STNK ?
    Read More
  • 13

    Oct

    JANGAN MENGINGKARI KEBAIKAN YANG TELAH KAU AJARKAN!

    Tanpa Sadar, Kadang Sebagai Orang Tua Justru Kita Mengajarkan Kesalahan Kepada Mereka _ Anak-Anak Kita Sendiri! Suatu hari karena sudah lama tidak ketemu, aku dan istri ingin bermesraan dan tidak mau ada gangguan. Kebetulan si kecil sedang asyik sendirian bermain play station. Eh, tiba-tiba ia nongol mendekati kami. “Udahan ah, main ps nya! ” begitu ia berkata. Karena acara tak mau di ganggu , mamimya menyarankan, ” Udah sana, dede main ps lagi! Mainnya yang lamaan, tadi kan dede baru main sebentar!” Lalu ia menyahut agak sedikit ketus, ” Mami gimana sih, baru kemarin bilang ama dede, kalau main ps itu jangan lama-lama, nanti cepat rusak. Sekarang dede mainnya sebentar, nurutin kata mami, malah disuruh mainnya lama-lama. Dede jadi bingung! “ Jadi i
    Read More
  • 7

    Oct

    DAUN KELAPA BERWARNA COKLAT

    Suatu hari, si kecil pulang sekolah dengan cemberut mengeluh kepadanya mamimya, “Mi, gimana sih bu guru, katanya gambar dede salah. Masak pohon kelapa daunnya coklat, kata bu guru harusnya hijau baru bagus. Tapi dede kan pernah lihat sendiri waktu ke tempat papi di cirebon, kalau daunnya itu ada yang warna coklat, kalau udah kering! “ Dan gambarnya si kecil yang karena menurut bu guru salah, berdahan coklat, seharusnya hijau, cuma di nilai 96. Pantas saja si kecil kesal, karena menurutnya ia sudah menggambar sesuai kenyataan, tapi kok disalahkan. Waktu saya pulang dari luar kota dan si kecil menceritakan kepada saya, kemudian saya lihat gambarnya dan memberi komentar, ” Ya udah, sekarang nilainya papi ganti, jadi seratus, karena gambar dede udah bagus dan benar. Tapi d
    Read More
  • 27

    Sep

    Kasih Makan Dulu, Agar Sayap-Sayapnya !

    Pada saat - saat tertentu, saya suka melepaskan burung, sebagai simbol untuk memberikan kebebasan kepada makhluk lain. Dan si kecil, Tedra , waktu dia ulang tahun ke 5, mengajak untuk dibelikan burung-burung katanya mau dilepas. Setelah beli burungnya dan mau dilepas, tapi dia mencegah, “Papi, jangan dilepas dulu! ” Sekilas dalam pikiran dan saya bertanya heran, ” Katanya mau beli untuk di lepas, sekarang kok jangan? Apa dede mau pelihara? ” ” Gak papi. . . ! Cuma dede mau kasih makan dulu! ” katanya. Dalam rasa heran saya tanya lagi, ” Dede, kan mau dilepas, buat apa dikasih makan lagi? “ Kemudian dengan gayanya yang khas, yang sok tua, ia menjelaskan, ” Iya papi, mau dilepas, tapi dede kasih makan dulu supaya sayap-sayapnya kuat.
    Read More

Author

Manusia yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Search

Recent Post